Partai Nasdem OKI Incar Kursi Pimpinan

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Hari terakhir pendaftaran bakal calon  (Bacaleg) 2019 melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU), namun sejumlah partai sudah memasang target pencapaian. Seperti halnya Partai Nasdem Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yang mengincar kursi unsur pimpinan di DPRD OKI Periode 2019 – 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem OKI, H Solahuddin Djakfar mengungkapkan, pada bursa pencalonan legislatif 2019 nanti, pihaknya mendaftarkan 45 nama untuk lima dapil yang ada di Kabupaten OKI.

Menurutnya, nama-nama yang didaftarkan tersebut bukanlah hanya sekedar untuk mencukupi syarat kuota caleg di setiap dapilnya, akan tetapi memang nama-nama yang potensial serta melalui proses rekriutment dengan berbagai metedologi dan mempertimbangkan tingkat popularitas maupun elektabilitas caleg itu sendiri dan telah melalui berbagai tahapan seleksi.

“Jadi sejak dua tahun lalu, kami telah melakukan pendekatan dan komunikasi-komunikasi politik terhadap para calon ini. Ada yang kades dua periode, anak kades, anak anggota dewan juga ada,” katanya usai mendaftar di Sekretariat KPUD OKI, Selasa (17/7).

Dengan berbagai tahapan tersebut, sambungnnya meyakini 2019 adalah tahun kemenangan untuk partai Nasdem, mulai dari tingkat nasional hingga kabupaten. “Jadi insya Allah saya punya perkiraan untuk hal ini, dan yakin mendapatkan minimal enam kursi dan maksimal delapan kursi,” ujarnya.

Masih kata Endeh, Selain rekruitment caleg yang potensial, DPD Nasdem OKI juga memiliki strategi dan perjanjian didalam internal partai terutama sesama caleg. Sehingga setiap caleg bukan hanya bersaing untuk mencari suara masing-masing, akan tetapi berjuang untuk kepentingan partai. Artinya, partai harus meraih suara sebanyak-banyaknya disetiap dapil, sehingga berpeluang caleg dari Nasdem semakin besar untuk terpilih.

“Ada perjanjian dan kompensasi secara internal, jadi nanti tidak ada yang dirugikan baik materi atau posisi politiknya, namun saya tidak bisa ceritakan secara gambling. Tetapi ini bentuk komitmen bagaimana Nasdem kedepan akan menjadi pemenang,” katanya.

Ketua KPUD OKI, Dedi Irawan menyatakan, Partai NasDem merupakan partai pertama yang mendaftarkan diri ke KPU. “Ini memang hari terakhir, dan akan ada partai lain yang datang kesini untuk mendaftarkan Bacalegnya,” tukasnya.

Lanjutnya, jika dari partially tersebut yang mencalonkan diri seperti kades, PNS maupun tenaga pendamping wajib menyertakan surat pengunduran diri.

Salah satu Bacaleg dari Dapil I M. Salim Kosim mengatakan dengan diserahkannya berkas pendaftaran seluruh bacaleg dari Partai NasDem maka setiap bacaleg siap untuk memenangkan pertarungan disetiap dapil masing-masing dan siap memenangkan pileg 2019 yaitu mendapatkan kursi pimpinan DPRD OKI.

“Dengan menyerahkan berkas seluruh Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Nasdem (salim) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKI, maka keseriusan dari seluruh caleg telah terlihat dan siap memenangkan pileg 2019 disetiap dapil masing-masing bacaleg serta benar-benar bertarung tidak hanya pelengkap saja karena sesuai dengan target Partai Nasdem mendapat kursi Pimpinan DPRD OKI,”Akunya sembari meminta do’a dan dukungan kepada masyarakat OKI.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.