Kapal Perang Kolinlamil Terus Dukung Satgas Bencana Gempa Lombok

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), kembali memberangkatan kapal perangnya yang berada di jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya, dalam rangka mendukung Satgas Zeni TNI AD yang tergabung dalam Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB). KRI Teluk Parigi 539 yang berjenis jenis Angkut Tank Frosh (ATF) buatan Jerman ini berangkat menuju Lombok, Sabtu (11/8).

KRI Teluk Parigi 539 dengan Komandan Mayor Laut (P) Tri Hidayat, S.Sos. akan mendukung pergeseran personel dan material Satgas bencana gempa di Lombok.

Turut diberangkatkan 90 prajurit Yonzikon 13/Karya Etmaka Resimen Zeni Konstruksi Direktorat Zeni TNI AD. Material yang akan dibawa diantaranya 2 Truk tangki BBM, 1 truk tangki air, 5 unit NPS dan 5 sepeda motor.

Sedangkan Angkutan Berat Zeni (Angberzi) membawa 7 unit dump truck 5 ton, 1 unit selfloader dan 2 unit alat pemindah tanah. Sedangkan dari alat berat Zeni (Alberzi), dibawa 3 unit backhoe loader, 5 unit exca PC 70, 1 unit forklift, dan 1 set Hammers/breaker. Selain itu juga 9 unit alat penyediaan air (waterpump dan RO) dan 8 alat penyediaan listrik (genset 10 dan 5 KVA). Juga alat perkakas Zeni, alat komunikasi, dan alat pasukan berupa tenda, kompor, hingga meja dan kursi.

KRI Teluk Parigi (539) merupakan kapal kesembilan dari kapal perang jenis kapal pendarat kelas Teluk Gilimanuk milik TNI AL. KRI Teluk Parigi memiliki berat 1,900 ton. Dengan dimensi 90,70 meter x 11,12 meter x 3,4 meter. Ditenagai oleh 2 mesin diesel, 2 shaft menghasilkan 12,000 bhp yang sanggup mendorong kapal hingga kecepatan 18 knot. Diawaki oleh maksimal 42 pelaut dan mampu mengangkut kargo hingga seberat 600 ton.

KRI Teluk Parigi bukanlah termasuk armada tempur maupun pemukul. Sebagai armada pendarat dan pengangkut logistik, KRI Teluk Parigi hanya dibekali senjata pertahanan diri berupa, 1 kanon laras ganda kaliber 37 mm Model 1939, 1 Meriam Bofors 40/70 berkaliber 40 mm dengan kecepatan tembakan 120-160 rpm, jangkauan 10 Km untuk target permukaan terbatas dan target udara dan 2 kanon laras ganda kaliber 25 mm.

(Dian/Dispen Kolinlamil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.