Polres Metro Jakarta Barat Berhasil Membongkar Pabrik Sabu Rumahan Kualitas Impor

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Satuan narkoba Polres Metro Jakarta Barat, berhasil membongkar pabrik sabu rumahan yang berlokasi di perumahan Metland Jl. Kateliya Elok II No 12B, Cipondoh, Kota Tangerang.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes. Pol. Hengki Haryadi, S.I.K., M.H menjelaskan terbongkarnya pabrik sabu rumahan ini berdasarkan informasi serta kecurigaan masyarakat yang resah terhadap aktifitas pelaku.

Dari lokasi, selain mengamankan satu orang pelaku berinisial A-W alias PHENG CHUN yang merupakan pemilik sekaligus pembuat narkoba jenis sabu, polisi juga menyita sejumlah bahan kimia dan alat pembuat sabu.

“Meski produksi rumahan, kualitas sabu yang dihasilkan sama dengan kualitas impor bahkan lebih bagus, bahanya pun mudah didapat” ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi. Rabu (08/08)

Didalam rumah, terdapat sebuah laboratorium yang di bangun pelaku untuk memproduksi sabu dengan metode fosforisasi, yang dimulai dari obat tablet dengan ekstraksi efidrin, selanjutnya efidrin tersebut diolah sehingga menjadi sabu.

Sementara, Kasar Narkoba Polres Metro Jaya Jakarta Barat AKBP Eric Frendriz mengatakan, dari hasil penyidikan, aktifitas haram tersebut dilakukan oleh A-W Alias PHENG CHUN sejak Mei 2017 lalu.

Dilokasi penggerebekan, polisi mendapati barang bukti berupa hasil produksi sabu yang baru setengah jadi berjumlah 1 kg, selain itu juga didapati barang bukti berupa hasil produksi sabu yang sudah jadi dan siap edar berjumlah 500 gram, serta sejumlah bahan peracik sabu. Dari jumlah prekursor yang tersedia di TKP diperkirakan pelaku dapat memproduksi sabu sebanyak 10 hingga 15kg, dengan om set miliaran rupiah.

Atas perbuatannya, pelaku di jerat pasal 113 ayat (1) subsider pasal 114 ayat (2) lebih subsider pasal 112 ayat (2) UURI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup dan atau pidana penjara maksimal 20 tahun.

(Ndo/Alx)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.