POLTEKKES Banten dan Komisi IX DPR RI Sosialisasi Germas di Kota Tangerang

Spread the love

Jurnalline.com Kota Tangerang – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Untuk mensukseskan Germas Politeknik Kesehatan (POLTEKKES) Banten Dengan Mitra Kerja Komisi IX DPR RI Dra. Hj. Siti Masrifah, M.A. Turut mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kepada Masyarakat, Kota Tangerang. Acara Sosialisasi yang gelar di Aula Gedung KNPI Jl. Dimyati Kelurahan Sukasari Kota Tangerang menggandeng Kementrian Kesehatan dan dinas kesehatan setempat, juga di hadiri ratusan masyarakat dari berbagai golongan yang berada di Kota Tangerang. (14/08/18)

GERMAS yang merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI bersifat mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Dra.Hj. Siti Masrifah, MA  Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan, Sosialisasi ini bertujuan mengajak masyarakat dalam membentuk kepribadian untuk hidup sehat dan dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban.

“Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Secara nasional Germas dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin,” Paparnya.

“Dengan adanya sosialisasi Germas juga dapat menekan dan meminimalisir biaya Negara yang dikeluarkan untuk membiayai orang sakit. Berdasarkan Fungsi pengawasan kami berperan untuk mewujudkan anggaran kesehatan sebesar 5 persen dari total belanja APBN dan 10 persen dadi APBD Provinsi, Kabupaten atau Kota, sesua dengan UU 36 tahun 2009 tentang kesehatan. Dengan adanya sosialisasi Germas semoga dapat menekan dan meminimalisir biaya Negara yang dikeluarkan untuk membiayai orang sakit, dengan mengajak mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat,  memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya. Salah satu dukungan nyata lintas sektor untuk suksesnya GERMAS adalah dalam mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).” Tambahnya.

Een Sukaedah, SKM. MKM Direktur Poltekkes Kemenkes Banten mengungkapkan, Germas merupakan program untuk menyadarkan Masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat. Pelaksanaan Poltekkes dalam mensosialisasikan Germas pada tahun ini di empat lokasi yaitu 2 di Kabupaten Tangerang dan 2 di Kota Tangerang, salah satunya ini yang terakir. Kami juga mengajak seluruh komponen masyarakat, baik Instansi maupun Institusi, Ormas dan lainya agar dapat berperan dalam mensukseskan program Germas.

“Melalui GERMAS diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk membiasakan diri hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan. Selain itu berpikir positif juga bisa terbangun jika secara fisik juga sehat.” Ungkap Een Sukaedah.

(Abidin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *