Prajurit Kolilamil Harumkan Indonesia Dalam Laga Asian Games 2018

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengharumkan nama negara dalam laga Asian Games 2018. Atlet Kolinlamil yang berlaga pada ajang cabang Dayung berhasil mencatat prestasi yang cukup gemilang. Sersan Dua (Serda) Ririn Puji Astuti mendapatkan medali perak dari 12 pedayung nomor dragon boat jarak 200 meter putri dan Sersan Dua (Serda) Jas Rio Akbar yang berada pada peringkat 4 nomor dragon boat dari 12 pedayung putra yang bertanding di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (25/8).

Sedangkan prajurit Kolinlamil lainnya yang juga berlaga pada perhelatan olahraga negara-negara Asia 2018 ini dan berada pada ranking ke-4 yang mengikuti final di nomor rowing cabang dayung diantaranya Serda Pom Romdhon mardiana, Serda Bah Rendi Syuhada Anugrah dan Serda Ttg Mahendra Yanto.

Meskipun dalam nomor rowing, Indonesia berhasil meraih 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Sebuah kebanggaan dan prestasi yang patut dibanggakan, Kolinlamil yang memiliki segudang atlet dayung dapat memberikan kontribusi yang besar kepada kontingen Indonesia dalam Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Tim Atlet Dayung Kolinlamil yang dibentuk tahun 1990 ini dikenal telah banyak menorehkan prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pada tahun 2008 team Dayung Kolinlamil berlaga dalam event Asian Beach Games di Bali. Dalam kejuaraan ini, team Indonesia untuk jarak 1000 meter, 500 meter dan 250 meter berhasil menjadi juara dan memperoleh medali emas.

Sedangkan dalam kejuaraan senior di Pekan Baru tahun 2010, dayung Kolinlamil berlaga dalam dayung kayak 4 putri mewakili Tim DKI Jakarta pada kejuaraan dengan jarak 250 meter, berhasil menjadi juara dan memperoleh medali emas, sedangkan untuk jarak 500 meter meraih medali perak. Prestasinya berlanjut pada Sea Games 2011, dengan Indonesia sebagai tuan rumah berhasil merebut tiga medali perak dan satu perunggu.

Dalam Lomba Dayung tingkat internasional Tanjung Pinang Dragon Boat Race tahun 2012, yang digelar di perairan laut Tanjung Pinang, team berhasil menyabet dua medali emas, pada nomor Kayak Single Putri dan Kayak Double Putri.

Prestasi tahun 2017 dari atlet dayung Kolinlamil berhasil mengumpulkan emas dan perak dalam kejuaran yang berbeda, yang pertama menyabet 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu pada perlombaan HUT Kota Bekasi, dan kedua pada 21 Mei 2017 berhasil membawa pulang 2 emas dan 1 perak dalam kejuaran di Bali. Dan baru-baru ini tim dayung Kolinlamil juga berhasil meraih prestasi gemilang dengan menjuarai nomor 800 meter antar satuan dalam kejuaraan Internasional Dragon Boat Festival 2018 di di Banjir Kanal GOR H Agus Salim, Padang.

(Dispen Kolinlamil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *