Pangdam Resmi Lantik Danrem 133/NW Alih Kodal Kodim 1304/grtlo Dan Yonif 713/st

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (Gorontalo) – Upacara Pelantikan Danrem 133/Nani Wartabone dan Alih Kodal Kodim 1304/Gorontalo serta Yonif 713/ Satyatama, Korem 133/Nani Wartabone adalah satuan pelaksana yang berada di bawah Kodam XIII/Merdeka, sebagai Sub Kompartemen Strategis. Korem 133/Nani Wartabone dituntut untuk mampu menyelenggarakan tugas-tugas pembinaan kewilayahan untuk mendukung tugas pokok Kodam XIII/Merdeka.

Hal ini disampaikan Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang dimana Wilayah kerja Korem 133/Nani Wartabone ini meliputi seluruh wilayah administratif Provinsi Gorontalo. Sebagai suatu provinsi, Gorontalo tentunya membutuhkan dukungan yang maksimal dari seluruh aparatur negara yang ada di wilayahnya guna mengoptimalkan upaya pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Danrem harus mampu bersinergi dengan seluruh komponen bangsa yang ada di wilayah tanggung jawabnya, mulai dari pemerintah provinsi sampai dengan kelurahan, dari TNI AL – AU dan Polri sampai dengan aparat negara lainnya, dari tokoh agama dan tokoh adat sampai dengan tokoh pemuda. Tanpa itu semua, pembinaan teritorial yang menjadi tugas utama Korem hanyalah jargon kosong yang tak bermakna.

Harus selalu disadari bahwa jabatan adalah amanah, kepercayaan dan kehormatan yang harus diterima dengan rasa syukur serta harus dapat dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa Oleh karena itu, laksanakan amanah ini dengan baik. Tunjukkan prestasi, dedikasi, loyalitas dan motivasi yang tinggi, agar pelaksanaan tugas ke depan dapat dilaksanakan secara optimal.

“Dilaksanakan alih kodal satuan Kodim 1304/Gorontalo dari Korem 131/ Santiago dan Yonif 713/Satyatama dari Brigif 22/ Otamanasa ke Korem 133/Nani Wartabone. Ini telah diprogramkan sejak lama, yakni bersamaan dengan peng-aktifan kembali Kodam XIII/Merdeka pada tanggal 20 Desember 2016 Tujuannya adalah untuk mengefisienkan rentang kendali komando kewilayahan di wilayah Provinsi Goron-talo dan memaksimalkan kemampuan Korem 133/Nani Wartabone sebagai sub-kompartemen strategis Kodam XIII/Merdeka untuk dapat menjalankan tugas pokoknya secara optimal.” Ujar Pangdam

Lebih lanjut lagi, alih kodal ini juga merupakan bagian dari grand design upaya penataan organisasi TNI AD dalam kerangka Pembangunan Kekuatan Pokok Minimum yang dilaksanakan atas dasar konsep pertahanan sesuai dengan kebijakan strategis TNI AD 2010 – 2029 Dinamika organisasi adalah suatu hal yang lazim dan wajar di era yang serba cepat berubah dewasa ini, sehingga postur organisasi TNI AD, termasuk di dalamnya Kodam XIII/ Merdeka, juga harus selalu beradaptasi terhadap setiap potensi ancaman kerawanan yang ada di wilayah kerjanya.

“Untuk itu, para unsur komando dan staf di Korem 133/Nani Wartabone, Kodim 1304/Gorontalo dan Yonif 713/ Satyatama harus segera menyesuaikan diri dengan prosedur hubungan staf dan komando yang baru agar koordinasi antar satuan dapat tetap berjalan dengan tertib dan lancar. Ikuti mekanisme hubungan kerja dan koordinasi yang selama ini sudah terlaksana dengan baik.” Tegas Pangdam

Kepada para Prajurit Kodim 1304/ Gorontalo dan Yonif 713/Satyatama, tetap jaga kekompakan di antara kalian. Tidak ada yang berbeda dengan pola pembinaan satuan antara saat di bawah Korem 131/Santiago dan Brigif 22/ Otamanas maupun di bawah Korem 133/Nani Wartabone, karena pada dasarnya, pembinaan satuan di seluruh jajaran TNI Angkatan Darat memiliki pola dan mekanisme yang sama: yang berbeda hanyalah kreatifitas dan inovasi serta gaya kepemimpinan para komandan satuan.

“Oleh karena itu, saya tidak akan pernah bosan mengingatkan para Prajurit Kodam XIII/Merdeka untuk senantiasa mampu memelihara dan meningkatkan moril dan moral satuan, loyalitas, profesionalisme keprajuritan (berdisiplin tinggi, jago perang, jago tembak, jago beladiri, dan memiliki fisik yang prima), memiliki jiwa korsa dan sikap perilaku untuk selalu berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas; serta senantiasa bersinergi dengan komponen bangsa lainnya, sehingga kehadiran kita di manapun bertugas dan berada selalu dapat diterima oleh masyarakat.” Pungkasnya

Turut hadir Gubernur Gorontalo, Kasdam XIII/Merdeka, Para Danrem jajaran Kodam XIII/ Merdeka, Para Bupati dan Walikota se-Provinsi Gorontalo, Para Asisten dan Kabalak Dam XIII/ Merdeka, Para Komandan Satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIII/Merdeka beserta jajaran dan para Pengurus, Para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta insan pers dan tamu undangan serta Para Prajurit dan PNS yang hadir.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *