Si Benteng, Membangun Kota Melalui Budaya Betawi

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Tangerang – Sebagai kota yang multikultural tentunya Kota Tangerang menyimpan banyak potensi budaya, salah satunya Budaya Betawi yang memang sudah mengakar sejak jaman dahulu. Tak heran bila kemudian muncul berbagai komunitas yang mencoba melestarikan kunikan Budaya Betawi. Seperti komunitas Si Benteng yang menggelar pameran Budaya Betawi yang dirangkai dalam acara Lebaran Betawi Kota Tangerang.

Lebaran Betawi selain sebagai ajang pelestarian Budaya Betawi sekaligus juga untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus Peringatan Milad Pertama Si Benteng.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Pelataran Puspem Kota Tangerang, ditampilkan berbagai budaya khas Betawi antara lain Lenong, Palang Pintu, Pencak Silat, Penampilan Manusia Petasan dan juga Dodol Betawi yang menjadi Ikon Lebaran Betawi, termasuk juga Pemilihan Entong dan Eno yang menjadi Duta Lebaran Betawi.

Wakil Walikota Tangerang H. Sachrudin yang berkesempatan hadir dan didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Tangerang Rina Hernaningsih, menuturkan bahwa selama ini Pemerintah Kota Tangerang selalu membuka ruang kepada semua lapisan masyarakat untuk melakukan aktifitasnya dalam rangka melaksanakan program pembangunan untuk kesejahteran kita semua.

“Oleh karena itu seni budaya yang kita miliki harus tetap dijaga dan dilestarikan karena kita ini memiliki daya tarik baik bagi masyarakat Kota Tangerang ataupun masyarakat daerah lain juga mancanegara agar mereka tau kalau kita punya beragam budaya salah satunya ya budaya Betawi ini,” paparnya, Sabtu (22/09).

“ini adalah tugas kita semuanya, untuk membangun sebuah Kota, pemerintah saja tidak cukup, masyarakat semua harus ikut mendukung termasuk Si Benteng Kota, juga harus ikut andil,” ajaknya.

Sachrudin juga berpesan mudah – mudahan Si Benteng Kota ini selalu eksis di tengah – tengah masyarakat, bisa melestarikan seni budaya yang ada di Kota Tangerang dan di Negeri.

“Dan terus bisa menunjukan eksistensinya dan membuktikan bahwa kita semua bisa bermanfaat untuk orang lain,” pesannya.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Arief R. Wismansyah yang hadir di tengah – tengah acara yang berlangusung. Arief menyempatkan memberikan selamat kepada Si Benteng Kota atas Miladnya yg pertama.

Dalam kesempatan  tsb Arief pun memberikan pantun saat berada di atas panggung.

“Ada buaya menggigit banteng,
bantengnya ngamuk matanya garang, jaga budaya betawi Benteng,

sebagai kebanggaan rakyat Tangerang,” ucapnya, yang langsung mendapat tepukan meriah dari para penonton.

(Red/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.