Gunung Soputan Minahasa Erupsi

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (Minahasa) – Gunung Soputan yang terletak diantara Kabupaten Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara Sulawesi Utara, dan Kabupaten Minahsa, Rabu (03/10/2018) pagi tadi sekitar pukul 08.47wita erupsi.

Kepala Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana Geologi Gunung Berapi, Kasbani MSC kepada awak media menyampaikan saat ini status Gunung Soputan dari level II (Waspada), menjadi level III (Siaga) sejak tadi malam Pukul 01.00 WITA.

Warga yang berada di kaki gunung radius 4 KM diimbau untuk menghindari guguran lava.
“Warga yang berada di wilayah sungai ranowangko, sungai lawian, sungai popang dan landolo kaweku dihimbau untuk waspada dengan aliran lava yang dibawa oleh air.” ujar Kasbani.

Sementara iti Kepala Pos Pengamatan Gunung Soputan Asep Saefulah telah terjadi letusan pagi ini pada Pukul 08.47wita G. Soputan telah mengeluarkan awan kelabu kelam dengan tinggi kolom asap kurang lebih 3000 – 4000 meter di atas puncak.

“Berdasarkan pantauan, arah asap condong ke barat/barat laut dengan suara dentuman letusan gunung terdengar sampai di pos pengamatan.” Ucapnya

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.