Tangkal Hepatitis, Prajurit Kodim Brebes di Suntik Vaksin Hepatitis B

Spread the love

Jurnalline.com, Brebes (Jateng) – Dalam upaya pencegahan dan penularan penyakit berbahaya Hepatitis B, Kodim 0713/Brebes melaksanakan penyuluhan dan suntik vaksin Hepatitis B kepada para prajurit dan PNS di Makodim 0713/Brebes, Jalan Jenderal Sudirman No. 107 Brebes, Senin (22/10/2018).

Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B (HBV), Hepatitis B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Jika tidak segera ditangani, penderita hepatitis B kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati, atau gagal hati.

Dandim 0713/Brebes melalui Danramil 03/Wanasari Kapten Inf Turiman, mengatakan kegiatan ini bertujuan mengetahui, mencegah dan menangkal penyakit Hepatitis B. Diharapkan pula melalui kegiatan ini prajurit semakin sadar akan hidup sehat.

“Semua prajurit harus rutin memeriksakan kesehatannya secara berkala sesuai dengan program yang telah ditentukan, karena kedepan tugas prajurit akan semakin berat. Untuk itu, sehingga tugas seberat apapun dapat dilaksanakan dengan baik,” ucap Danramil 03/Wanasari.

“Pemberian vaksin ini sangat penting bagi prajurit dimana kita bisa mengetahui kesehatan kita, dimana penyakit hepatitis ini adalah penyakit menular maka itu bagi prajurit beserta keluarga harus mengikuti Vaksin agar mencegah penyakit tersebut bagi diri masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu dr. Subekhan dari Klinik Kartika 13/Brebes, mengatakan kegiatan ini merupakan perintah langsung dari komando atas dalam hal ini Kesdam IV/Diponegoro. Untuk memberikan penyuluhan serta memberikan vaksin kepada prajurit dan anggota PNS yang ada di jajarannya.

Diharapkan seluruh prajurit dan PNS yang ada di jajaran Kodam IV/Diponegoro terhindar dari penyakit yang menular dan berbahaya ini.

“Kegiatan bertujuan agar prajurit TNI dapat menuju hidup yang sehat. Dengan cara menyampaikan pesan kesehatan, kita berharap prajurit akan sadar akan pentingnya arti kesehatan,” pungkasnya.

(Dp/fram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.