Gubernur OD Ikuti FGD PPN/Bappenas RI

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Menghadiri Forum Grub Discution, merupakan bentuk sumbangsi dan pemikiran RPJMN periode tahun 2020-2024, merupakan salah satu Gubernur di Indonesia yang ikut hadir didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ronald Sorongan dan Kepala Biro Perekonomian dan SDA Franky Manumpil adalah memberi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sulawesi Utara pada khususnya dalam peningkatan industri kelautan dan perikanan RI, yang dilaksanakan di Gedung Bappenas Jakarta, Rabu (14/11/2018) dihadiri langsung oleh Menteri PPN/ Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto.

Dalam forum grub diskusi ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE, mengusulkan Provinsi Sulawesi Utara, menjadi salah satu dari tiga zona industri kelautan dan perikanan di Indonesia dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di Indonesia.

“Sulut merupakan akses menuju pasar wilayah Asia Timur dan Pasifik yang akan mempercepat terwujudnya membangun Indonesia dari perbatasan,” Tutur Gubernur Sulut Olly Dondokambey lanjutnya bahwa Zona industri kelautan dan perikanan di Indonesia yang harus didukung yakni dengan penerapan teknologi canggih agar bisa dikelola dengan optimal.

“Teknik industri dan teknologi antara lain penggunaan satelit penginderaan jauh untuk zona potensial penangkapan ikan, teknologi karamba, jaring apung lepas pantai, teknologi pengolahan produk hasil perikanan, dan industri farmasi dan kosmetik.”

Sehingga kesempatan berusaha di bidang perikanan dan kelautan harus dipermudah dengan mempertimbangkan kearifan lokal dalam penyusunan regulasi.

“Bersama harus mendorong implementasi sustainable fisheries management seperti ecolabelling certicate bagi pelaku usaha; dan mempertimbangkan kearifan lokal dalam penyusunan regulasi. Ini akan mempermudah kesempatan berusaha bidang perikanan dan kelautan,” Kata OD

Pada kesempatan ini, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, menegaskan bahwa kekayaan laut sudah menjadi bagian khas di Indonesia yang bisa diekspor sehingga dapat membantu current account defisit, Keunggulan laut inilah yang perlu didorong agar didominasi pasar Indonesia di level internasional.

“Industri kelautan dan perikanan harus jadi input utama di industri makanan, melihat bahan makanan dari laut yang simpel, seperti fillet ikan, udang, kalengan, harusnya itu yang bisa menjadi dominasi produk di Indonesia,” jelas Bambang

Senada dikatakan Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto mengingatkan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang kelautan dan perikanan.

“Kualitas SDM sektor kelautan dan perikanan perlu terus didorong, penerapan teknologi dan inovasi juga tentu sangat menentukan. Yang kami harapkan juga sekarang ini adalah peningkatan investasi serta dukungan regulasi yang pro bisnis,” Tutur
Yugi

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.