Berkat JKN KIS Saya Dapat Sehat Kembali

Spread the love

Jurnalline.com, Prabumulih (umatra selatan) – Sakit memang tak kenal waktu, tua atau muda, dan bahkan saat punya uang atau tak punya uang pun sakit pasti dialami setiap orang. Oleh karena itu, sebelum hal itu menimpa ke diri kita sebagaimana manusia kita harus berusaha dengan proteksi diri kita.

Ermawati (60), yang sehari-hari sebagai Ibu Rumah Tangga merasakan betul manfaat dari Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS). Pada tahun 2017 silam, Erma tak menyangka bahwa dirinya divonis menderita kanker rahim.

“Awalnya itu ketika sedang beristirahat, kemudian secara tiba-tiba saya mengalami pendarahan yang parah” tutur Erma.

Erma mengatakan perjalanan menggunakan kartu JKN KIS sangat mudah, asalkan menggunakannya sesuai dengan prosedur. Erma mengaku sudah melalui 3 Rumah Sakit sehingga dapat sembuh dari penyakitnya. Bermula dari Rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih, kemudian Rumah Sakit Bari Kota Palembang dan terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah Mohammad Hoesin Palembang.

“Saya tidak tau lagi jika tidak ada Kartu JKN KIS ini, saya tidak akan mampu untuk membayar keseluruhan biaya hingga saya sembuh seperti sekarang ini” ujar Erma.

Erma mengakui bahwa sangat terbantu dengan adanya program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat Menurut pengalamannya, tidak ada perbedaan dengan pasien lain di rumah sakit. Dengan biaya pengobatan yang mahal, Erma sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan melalui Program JKN KIS nya sehingga dia dan keluarganya tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk berobat.

Tanpa kita sadari iuran yang kita bayarkan walaupun kita tidak menggunakannya iuran tersebut ternyata sangat membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu. Bagi mereka iuran kita sebagai orang yang sehat sangatlah bermanfaat. Dengan program JKN KIS ini kita dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sesuai dengan prinsip gotong royong yang diemban oleh BPJS Kesehatan, dapat dicontohkan dengan yang kaya membantu yang kurang mampu dan yang sehat membantu yang sakit.

“Kami sangat senang dengan adanya Program Jaminan Kesehatan Nasional, kami rakyat kecil merasa sangat terbantu sekali dengan adanya program ini, saya berharap Program ini dapat terus dilanjutkan” tutup Erma.

(yitno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.