BPKP Prov Sulut Gelar Workshop Siskeudes versi 2.0

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (Minahasa) – Pentingnya Workshop Siskeudes versi 2.0 Bagi Operator Desa, dan perangkat yang ada sesuai dengan Permendagri nomer 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa.

Aplikasi Siskeudes versi 2.0 oleh Menteri Dalam Negeri dan kepala BPKP pada tanggal 21 Nov 2018, dan surat Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah No S-2167/D3/03/2018 tgl 29 Nov 2018 terkait hal Arahan Pelaksanaan Kegiatan Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes, Narasumber dari BPKP Pusat, dan dari Kemendagri Danang Suryatmodjo, SE, Ak, M.Ak CA. dan Ma’mun Murodin, SST.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara dalam arahannya, menegaskan bahwa apilikasi siskeudes versi 2.0 dirancang mengikuti keputusan permendagri no 20 tahun 2018.

“Aplikasi Ini adalah untuk memudahkan perangkat desa dalam tugasnya mengadministrasikan dana desa secara akuntabel dimulai dari perencanaan, penatausahaan sampai dengan pelaporan sebagaimana yang diamanatkan sesuai permendagri, Hal ini memudahkan Pemerintah daerah dalam melakukan kompilasi sebagai dukungan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa.” Ujarnya

Sebelumnya Bupati Minahasa Ir Royke O.Roring, M.Si, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa DR Denny Mangala, M.Si, yang membuka sekaligus membuka resmi Bimbingan Tekhnis Implementasi Siskeudes Versi 2.0. Ini Mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Perwakilan BPKP Prov Sulut di Kabupaten Minahasa sehingga dapat memperlengkapi para operator desa dalam pembuatan laporan dan hal lain terkait sistem keuangan desa.

“Bagi para operator hendaknya terus didayagunakan sehingga apa yg dipelajari lewat bimtek ini dapat memberikan nilai tambah dalam pelaksanaan tugas-tugasnya.” Tutur Kepala Perwakilan BPKP Sulut bapak Kwinhatmaka.

Diketahui Aaplikasi Siskeudes versi 2.0 oleh Menteri Dalam Negeri dan kepala BPKP tertanghal 21 November 2018 sesuai surat Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah No S-2167/D3/03/2018 tanggal 29 Nov 2018.

“Dalam Hal Arahan Pelaksanaan Kegiatan Workshop dan Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes diharapkan dipahami guna pelaksanaan pembangunan didesa sesuai aturan yang ada.” Pungkas Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Prov Sulut Kwinhatmaka, bersama BPKP Pusat, dan dari Kemendagri Danang Suryatmodjo, SE, Ak, M.Ak CA. Serta Ma’mun Murodin, SST.

Turut Hadir Inspektur Kabupaten Minahasa Frits Muntu, SSos, Kadis PMD Kab Minahasa Djefry Sajow, SH, para Hukum Tua, jajaran SekDes , Jajaran Kaur Keuangan, juga Operator desa sebagai perserta pada Workshop pelatihan dan bimbingan tekhnis Siskeudes versi 2.0.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.