Bupati ROR dan Wabup RD, Canangkan Kampung KB Minahasa

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (Minahasa) – Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian. Roring, M.Si, dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si, (R3D), Senin (17/12/2018) melakukan Pencanangan Kampung KB Tingkat Kabupaten Minahasa Tahun 2018 di Desa Pinasungkulan, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring, M.Si, mengatakan, digalakkannya Kampung KB ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK).

“Program KKBPK ini, merupakan program dari BKKBN sebagai upaya untuk mewujudkan agenda prioritas pembangunan nasional yang lebih dikenal dengan 9 program prioritas nawacita ,” ujar bupati.

Diketahi bahwa Pogram KKBPK ini dijabarkan dan diaktualisasikan di daerah-daerah oleh pemerintah daerah melalui unit kerja yang menjadi mitra kerja BKKBN, yakni dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

“Saya ingin menegaskan pada masyarakat untuk meningkatkan peran serta dalam melaksanakan program-program, baik yang dilaksanakan di tingkat kabupaten maupun di desa dan dengan dicanangkan Kampung KB di Desa Pinasungkulan ini, maka desa tersebut beserta 18 desa lainnya merupakan desa binaan bagi seluruh SKPD dan menjadi fokus program dan kegiatan seluruh SKPD terkait ,” ucap R3D

Keberhasilan program KB itu tidak hanya ditandai dengan banyaknya penggunaan alat dan obat kontrasepsi, tetapi yang jauh lebih penting adalah terjadinya perubahan cara pandang, mental, pola sikap dan perilaku individu atau masyarakat termasuklah didalamnya peserta didik.

“Berharap kampung KB yang ada di Kabupaten Minahasa dapat dibina dengan sebaik-baiknya, bukan hanya mengejar terbentuknya Kampung KB, namun yang lebih strategis adalah bagaimana menjadikan Kampung KB sebagai pilot project yang mengena pada sisi kehidupan masyarakat desa. Dan semoga dalam kepemimpinan bupati dan wakil bupati saat ini, 227 desa bisa menjadi Kampung KB,” Tutup Bupati Roring

Turut Hadir Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Drs. Sugiatno MM, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Dra. Joula Mamahani, dan jajaran Forkopimda.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.