Fungsi Perairan Umum Sebagai Ekosistem Akuatik, Wabup RD : Tebar Benih Bagi Nelayan

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (Minahasa) – Pembangunan sektor perikanan mempunyai peranan penting dalam mendukung kesejahteraan masyarakat Minahasa sebagai daerah yang cukup potensial dalam meningkatkan sumber perikanan tangkap maupun perikanan budidaya, kegiatan Penebaran bibit ikan bagi nelayan dan masyarakat sekitar selain bertujuan untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

Sebagaimana dengan arahan menteri kelautan dan perikanan republik indonesia, ibu Susi Pudjiastuti, Restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat tingkat pemanfaatan yang berlebihan.

“Selain menambah stock ikan agar dapat dipanen juga sebagai ikan konsumsi memperkaya Produksi ikan di daerah sumberdaya perairan yang ada, sehingga dapat di manfaatkan oleh masyarakat sekitarnya untuk peningkatan pendapatan, serta mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan nutrisi masyarakat,” Ujar Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si,usai Penebaran Benih Ikan (Restocking) bertemat di Perairan Umum Objek Wisata “Sumaru Endo” Remboken. Jumat (7/12/2018)

Keberadaan ikan pada suatu perairan tentunya akan memberikan manfaat baik bagi ekosistem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan.

“Kedepannya restocking yang dilaksanakan pemerintah, diharapkan dapat djadikan contoh oleh masyarakat, sehingha mampu melakukannya dengan kesadaran sendiri apabila didukung dengan kearifan lokal akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan” Jelas Wabup Robby Dondokambey, S.Si.

Sementara itu dalam laporannya Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ir. Hengky Kaunang, sebagaimana program Visi dan misi Bupati Ir Royke O.Roring, M.Si, & Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si, sektor unggulan adalah perikanan merupakan bagian program yang pro rakyat.

“Hal ini dalam rangka untuk menjaga stok ikan di danau tondano, Dinas kelautan dan perikanan kabupaten minahasa melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan (restocking) untuk mensejahterahkan nelayan di seputaran danau tondano,” Pungkas Kadia Perikanan dan Kelautan Kabupaten Minahasa Ir. Hengky Kaunang.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry R Korengkeng SH, M.Si, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa DR Denny Mangala M.Si, Asisten II Pembangunan dan Perekonomian DR. Wilford Siagian MA , Serta jajaran lingkup Pemerintahan Kebupaten Minahasa.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.