Gubernur Olly Dondokambey Hadiri Konfrensi Tahunan SDGs Jakarta 2018

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menghadiri Konferensi Tahunan Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2018 yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI H. Jusuf Kalla, bertempat di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018) pagi tadi.

Dalam sambutannya, Wakil Prsiden H.Jusuf Kalla, mengatakan bahwa mendukung sebuah pembangunan berkelanjutan bukan hanya sebatas pemerintah yang bergerak tetapi juga dukungan masyarakat yang mendorong untuk tercapainya sasaran dan tujuan.

“Dibutuhkan koordinasi bukan hanya departemen, antar negara. Dan ini bukan hanya tugas pemerintah, masyarakat juga harus turut mendorong. Memberikan suatu sumbangan atau tujuan kepada SDGs ini atau PBB, adanya pembangunan berkelanjutan,” kata Wapres.

Wapres Jusuf Kalla, menjelaskan pembangunan yang berkelanjutan memiliki efek kebersamaan. Jika hal tersebut bisa dilakukan akan timbul keadilan.

“Keadilan dan kesejahteraan sudah jadi bagian daripada kebutuhan masyarakat kita semua sehingga bahwa kita juga berusaha untuk memajukan pendidikan ini secara merata,” jelas Kalla

Tidak hanya itu, dibutuhkan juga sebuah inovasi untuk menunjang pendidikan yang bermutu. Sebab dia menjelaskan pembangunan berkelanjutan harus berkaitan satu sama lain. Tidak hanya pemerintah kata dia, namun juga perlu ada dorongan dari masyarakat.

“Dengan gerakan ini dapat kita laksanakan apa yang bicarakan bersama. Baik di tingkat PBB, baik tingkat pemerintah atau tingkat masyarakat,” ucap JK.

Kerja sama tersebut kata Wapres JK harus dilakukan. Agar tercipta koordinasi yang baik. Pemerintah kata dia hanya menyediakan dana yang cukup serta program. Tidak hanya itu, dibutuhkan juga pelatihan yang baik agar infrastruktur berjalan dengan baik.

“Diperlukan langkah perhatian yang baik, dan dibutuhkan sistem yang baik, dan butuh subsidi yang baik,” tukas Wapres Jusuf Kalla.

Sementara itu, senada diungkapkan Menteri PPN, Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, bahwa konferensi ini merupakan upaya untuk mempererat kerjasama di antara semua pihak yang terlibat dalam upaya pencapaian target SDGs di Indonesia memiliki beberapa tujuan.

Konferensi yang baru diadakan ini, pertama kalinya diharapkan mampu merumuskan masukkan bagi perumusan kebijakan pencarian target SDGs.

“Memberikan masukkan kepada para perumus kebijakan dalam melaksanakan program pembangunan secara lebih baik, dalam mencapai target SDGs tahun 2030. Meningkatkan komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs di Indonesia,” pungkas Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro,

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.