Satgas Pamrahwan Puncak Jaya Yonif MR 412 Kostrad Menghadiri Acara Bakar Batu

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Satgas Pamrahwan Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad dipimpin Danki Satgas Lettu Inf Firnando Sanjaya menghadiri undangan masyarakat Papua pada acara adat bakar batu dalam rangka perdamaian pasca perang suku di Distrik Illu Kabupaten Puncak Jaya yang dihadiri oleh Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Distrik Illu, Distrik Waegi, Distrik Taganombak dan Distrik Kalome. Rabu (12/12/2018).

Acara adat bakar batu ini diadakan untuk menyambung kembali silaturahmi persaudaraan dan perdamaian antara suku yang ada di Kabupaten Puncak Jaya khususnya Distrik Illu, agar tercipta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat sehingga dapat melakukan aktifitas sehari-hari seperti biasanya.

Dalam kegiatan tersebut Lettu Inf Firnando menyampaikan kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak tertentu, yang dapat mengakibatkan pertikaian diantara kampung sehingga bisa menimbulkan konflik.

Bersama masyarakat dan prajurit Satgas melaksanakan bakar batu dengan suasana yang harmonis, setelah itu masing-masing bapak kepala kampung saling memberikan potongan daging kepada bapak kepala kampung lain, untuk menandakan perdamaian pasca perang suku yang telah terjadi beberapa waktu lalu di daerah mereka, dilanjutkan saling berjabat tangan dan pelukan hangat antara warga kampung serta melaksanakan makan bersama-sama.

(Fram/dre)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.