Dubes Portugal dan Spanyol Dijadwalkan Berkunjung ke Malut

Spread the love

Jurnalline.com, Sofifi (Maluku Utara) – Duta Besar (Dubes) Portugal untuk Indonesia, Y. M. Rui Fernando Sucena do Carmo, dan Dubes Spanyol, Y. M. Jose Maria Matres Manso, bakal berkunjung ke Maluku Utara pada Senin 25 Februari awal pekan ini.
Terkait kunjungan kedua Dubes di Maluku Utata (Malut), Pemprov Malut berinisiatif menggelar rapat koordinasi antara pemerintah Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan.

“Ini merupakan rapat perdana, nantinya ada rapat pemantapan setelah tim advant dari Kementerian Luar Negeri tiba di Malut,
untuk persiapan acara kedatangan kedua Dubes Portugal dan Spanyol. Dimana Ternate dan Tidore menjadi tujuan utama kedatangan kedua Dubes tersebut,” kata Asisten III Setda Gubernur Maluku Utara, Salmin Janidi, saat memimpin rapat, Kamis (21/2/2019) di kantor Gubernur Sofifi.

Dirinya menjelaskan, tujuan kedatangan kedua Dubes ini adalah terkait dengan persiapan peringatan ivent penjelajahan mengelilingi dunia pertama kali oleh Ferdinand Magellan (the 500th Aniversary of the firts circumnavigation of the earth), pada tahun 2021. “Terkait dengan history pelayaran Ferdinand Magellan untuk mencari rempah-rempah,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa, kedua Dubes ini akan berada di Malut kurang lebih tiga hari, sejak Senin 25 sampai 27 Februari 2019. “Di Maluku Utara, Dubes akan bertemu dengan Pak Gubernur, Walikota Tidore, Walikota Ternate dan Sultan Tidore, dengan waktu dan agenda yang telah ditentukan,” jalesnya.

Olehnya itu, dirinya berharap kepada instansi terkait, baik Provinsi dan Kota agar dapat melakukan koordinasi dengan baik demi sukses dan lancarnya acara ini.

“Harapannya, kedua Dubes ini bisa mendapat gambaran positif terkait dengan Maluku Utara secara keseluruha maupun Kota Ternate dan Tidore secara khusus,” ujarnya.

Sekadar diketahui, rapat yang berlangsung kurang lebih satu jam di ruang rapat Sekprov Malut itu tampak hadir, Asisten III Setda Maluku Utara, Salmin Janidi, Asisten II Setda Malut, Asisten III Setda Kota Ternate, Thamrin,  Karo Humas dan Protokoler Armin Zakaria, Kabag Umum Kota Ternate, Rosihan, Kadisbudpar Tikep, Yakub Husain, Kadishub Kota Tidore, Daud. M, Kabag Humas Tikep, Asis Hadad.

(YUDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.