Lomba Hiking Tingkat Penggalang Dan Lintas Tradisional Tingkat Penegak Pandega Resmi Dibuka

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara (Mitra) –Komandan Kodim 1302/Min Letkol Inf Slamet Raharjo S.Sos, M.Si tampil sebagai Inspektur Upacara pada kegiatan pembukaan Lomba Hiking Tingkat Penggalang/Pandega, bertempat dilapangan Kota Tombatu Desa Tombatu – 3 Kecamatan Tombatu Utara Kabupaten Minahasa Tenggara, Sabtu (22/02/2019).

Pada Upacara pembukaan tersebut, bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Pembina Pramuka Koramil 1302-13/Tombatu Serda Jefry Tumiwa.

Komandan Kodim dalam kesempatan pembukaan kegiatan Pramuka menyampaikan dalam rangka mengembangkan, meningkatkan, serta menciptakan generasi Muda yang beriman, bertaqwa, dan berkepribadian yang luhur, Disiplin serta bertanggung jawab, maka dengan kegiatan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika diwilayah kabupaten Minahasa Tenggara.

“Sebagai wadah generasi muda untuk meningkatkan minat dan bakat serta mempersiapka generasi penerus Bangsa yang berjiwa Nasionalisme, berwawasan Kebangsaan dalam upaya menyiapkan sumberdaya Manusia yang berhasil guna. Kata Orang Nomor Satu di Jajaran Kodim 1302/Min tersebut.” Ujar Dandim

Lebih lanjut dengan adanya lomba Hiking tingkat Penggalang dan lintas Tradisional tingkat Penegak/Pandega ini sebagai ajang kompetisi antar Gugus depan dan Satuan karya Se-Sulawesi Utara, dapat serta menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan Gerakan Pramuka sebagai wadah Organisasi Pemuda untuk menangkal pengaruh-prngaruh negatif dari Modernisasi, kemajuan Tekhnologi, serta pengaruh bahaya Narkoba, Seks Bebas, dan Radikalisme.

Ditambahkannya Kaka-kakak sekalian diberbagai penelitian telah membuktikan bahwa peranan gerakan Pramuka dalam membina kaum muda sangat Signifikan.

“Dalam kaitannya dengan semangat kebangsaan, Persatuan dan Kesatuan Indonesia serta Bela Negara telah tercatat dengan Tinta Emas dalam sejarah kelahiran Bangsa dan Negara Kesatuan Repoblik Indonesia,”

Mula dimulainya semangat Kebangsaan yang ditandai berdirinya Budi Utomo, diikuti munculnya persatuan dan kesatuan Indonesia yang ditandai dengan lahirnya Sumpah Pemuda, serta Tekat bela Negara yang ditandai oleh kesediaan berkorban untuk mempertahankan Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Jelas Dandim.

Tonggak sejarah kelahiran Bangsa dan Negara Kesatuan Repoblik Indonesia berhasil dicapai dengan hasil yang sangat memuaskan, semuanya berkat dukungan dari elemen Masyarakat, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi Adik-adik peserta lomba untuk menjadikan Pribadi yang mandiri, serta bekal dikemudian hari.

“Nantinya apa yang dicita-citakan bisa tercpai dan sukses serta sebagai pemegang tongkat estafet untuk melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa.”

Diakhir amanatnya Dandim mengatakan, selamat berlomba, jaga kekompakan, junjung tinggi Sportifitas, dan dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa kegiatan Lomba Hiking tingkat penggalang dan lintas Tradisional tinkat penegak/pandega Se-Sulawesi Utara pada Hari Jumat 22/02/19 pukul 11.00 wita saya nyatakan dengan resmi di Buka,

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Komandan Kodim 1302/Min Letkol Inf Slamet Raharjo S.Sos, M.Si, Wakil Bupati Kab, Minahasa Tenggara Drs.Yesaya Joke Legi, Kabit Aset Kab, Mitra Lauren Manopo, Kadis Dispora Boyke Akey Camat Tombatu Fredy Kumesan, Pabung Mitra Mayor Cpl Frangky Kallo, Kapolsek Tombatu Iptu Wensy Saerang, Plh Danramil 1302-13/Tombatu Pelda Ferry Mewengkang, Para pelatih dan Pembina.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.