Nuriyatmi, Warga Bale Penderita Kanker Butuh Uluran Tangan Dermawan

Spread the love

Jurnalline.com, Sofifi (Maluku Utara) – Kondisi Nuryatmi, warga desa bale (47), kecamatan Oba, kota Tikep, Maluku Utara, penderita kanker payudara dan pembengkakan mata ini sangat memprihatinkan. Ibu dua anak ini hanya bisa terbaring diatas tempat tidur lantaran penyakit yang diderita telah menguasai tubuhnya.

Suami Nuryatmi, yakni Anto saat dikonfirmasi media ini melalui sambungan telepon, Minggu (3/2/2019), mengatakan, penyakit yang diderita istrinya itu sejak tahun 2011 lalu sudah dilakukan pengobatan ringan, namun tidak membuahkan hasil. Pengobatan terus dilakukan, hingga pada tahun 2012, di RSU dok Dua Jayapura, operasi besar pun dilakukan, Suryatni terpaksa harus kehilangan payudara bagian kanannya.

Sementara, mata yang saat ini mengalami pembengkakan, Anto menceritakan, berawal dari iritasi ringan, akibat debu yang menempel di mata istrinya. “Kata dokter hanya iritasi, akhirnya di kasi obat tetes mata dan segala bentuk obat mata lainnya. Lama-lama dia mulai timbul bengkak sampai 2014 awal dan bertahan di sana dan cari obat ke dokter tetap dengan alasan iritasi tapi sudah ada bengkak,” ungkap Anto, tak kuasa menahan tangis

Meski begitu, Ayah dua anak ini tidak putus asa, upaya penyembuhan terus dilakukan, walaupun hingga kini belum ada perubahan.

Melihat kondisi yang tetap stagnan, Anto kemudian memutuskan untuk kembali ke kampung halaman, yakni di desa Bale, kota Tikep, untuk melakukan pengobatan tradisional. Pasalnya, biaya untuk berobat di rumah sakit sudah tidak ada lagi.

“Proses itu karena tidak ada perubahan masi sama terus, akhir 2014 torang (kami-res) pulang di Desa Bale berobat karena tak ada biaya, alternatifnya obat kampong (Tradisional),” ucap Anto

Saat ini, tidak ada lagi daya untuk membawa Suryatmi ke rumah sakit, satu-satunya jalan hanya bertahan dengan pengobatan tradisional sambil menunggu belas kasih para dermawan.

“Sampai saat ini belum bisa bawa ke rumah sakit untuk operasi karena tidak ada biaya, saya ingin mengetuk hati teman semua khusunya pemerintah tidore agar dapat meringankan beban kami dan semoga Allah juga mengetuk pintu hati mereka.”harapnya

Bagi masyarakat, yang terketuk hatinya untuk bantu meringankan beban keluarga Anto dan Suryatni, bisa langsung menghubungi nomor 081354650239 (Anto).

(YUDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.