ODSK Bersyukur, Tiga Tahun Kepemimpinan Ukir Prestasi

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Perayaan tiga tahun kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw digelar di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi utara, Selasa (14/02/2019) dihadiri Jajaran Bupati, dan Walikota seprovinsi Sulawesi Utara, berlangsung sederhana namun penuh khidmat.

Tiga tahun kepemimpinan OD-SK di Provinsi Sulawesi Utara merupakan kasih dan berkat Tuhan yang perlu dijawab dengan kerja dan karya yang semakin paripurna.
“Tanpa terasa tiga tahun telah berlalu sejak saya dan Drs Steven O.E Kandouw, dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Periode 2016-2021.” Tutur OD

Selang tiga tahun tersebut, sejak pertama kali memasuki Kantor Gubernuran dengan menggunakan roda sapi, sebagai simbolisasi bahwa 5 tahun kepemimpinan yang akan kami jalani tentunya akan senantiasa dilandasi semangat kerja kerja bagi seluruh masyarakat bumi nyiur melambai.

“Semua pencapaian yang diperoleh hingga kini berkat dukungan segenap komponen masyarakat Sulut sesuai dengan Visi dan Misi ODSK yang ditetapkan diawal kepemimpinan saat menahkodai Prov.Sulut pada tahun 2016.” Papar OD

Selanjutnua telah menjadi Visi dan Misi untuk terwujudnya Sulawesi Utara Berdikari dalam Ekonomi, Berdaulat dalam pemerintahan dan politik, serta berkepribadian dalam berbudaya, ditopang melalui 7 Misi ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan) sebagai berikut :

Pertama, mewujudkan kemandirian ekonomi dengan memperkuat sektor pertanian dan sumber daya kemaritiman, serta mendorong sektor industri dan jasa.
Kedua, memantapkan SDM dan berdaya saing.
Ketiga, mewujudkan Sulut sebagai destinasi investasi pariwisata yang berwawasan lingkungan.
Keempat, mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang tinggi, maju dan mandiri.
Kelima, memantapkan pembangunan infrastruktur berlandaskan prinsip pembangunan berkelanjutan.
Keenam, mewujudkan Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan timur. Dan
Ketujuh adalah mewujudkan Sulut yang berkepribadian melalui tata kelola pemerintahan yang baik.
Mendorong pembangunan Sulut di berbagai sektor, Terbukti secara umum pertumbuhan ekonomi Sulut terus menunjukkan geliat positif, sejalan dengan perkembangan global dan nasional. Tahun 2017, ekonomi Sulawesi Utara tumbuh hingga 6,32% dan merupakan tertinggi dalam empat tahun terakhir.

“Di triwulan III tahun 2018, ekonomi Sulawesi Utara mencapai 6,01%, atau lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,27%.” Urai Gubernur sementara itu, berkat program ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan) angka kemiskinan Provinsi Sulawesi Utara mampu kita tekan hingga 7,59% di tahun 2018, dari sebelumnya berada pada angka 8,20% di tahun 2016. Begitu pula pengangguran yang menembus angka 6,86% di tahun 2018, dari sebelumnya sebesar 7,18% di tahun 2017.

“Penurunan angka kemiskinan dan pengangguran telah turut menjadikan program ODSK mendulang sukses, dimana program ODSK telah menerima penghargaan TOP 99 Inovasi Pemerintah Daerah, serta Penghargaan Adhi Purna Prima Award, sebagai provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah se-pulau Sulawesi.” Jelasnya

Diketahui dalam bidang pekerjaan umum, realisasi fisik pembangunan Bendungan Lolak sampai dengan tahun 2018 sebesar 60%, dan ditargetkan selesai pada tahun 2019. Sementara, realisasi fisik pembangunan Bendungan Kuwil sampai dengan tahun 2018 sebesar 36,5% dan di sektor pariwisata tahun 2018, Provinsi Sulut berhasil melampaui target jumlah kunjungan wisatawan baik Nusantara maupun Mancanegara.

“Adapun target RPJMD untuk jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara adalah 1,5 juta dan hasil yang dicapai adalah 1.958.899 orang meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2017 berjumlah 1.698.523 orang. Sedangkan target untuk jumlah kunjungan Wisatawan Mancanegara adalah 100.000 orang dan hasil yang dicapai adalah 127.879 orang, meningkat jika dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 87.976 orang.”

Gubernur Olly Dondokambey menerangkan, setiap keberhasilan yang telah dicapai selama tiga tahun kepemimpinan ODSK harus semakin memotivasi untuk terus berbuat dan berkarya bagi kemajuan daerah tercinta, dengan demikian setiap tantangan dan hambatan harus senantiasa menjadi pembelajaran untuk perbaikan dan penyempurnaan di tahun-tahun mendatang.

Usai perayaan syukur, Gubernur OD dan Wagub Steven kandouw, menyerahkan penghargaan kepada sejumlah instansi dan perusahaan BUMN diantaranya Silk Air atas kerja sama melayani selama 25 tahun penerbangan Manado-Singapura, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan dan instansi lainnya, turut diserahkan bantuan matras kepada korban bencana banjir, alat pertanian berupa traktor dan hand traktor bagi kelompok tani, dana hibah kepada sejumlah lembaga dan organisasi keagamaan diantaranya Yayasan Keuskupan Manado, Sinode GMIST, Sinode Germita, Badan Musyawarah Antar Gereja dan Lembaga Keagamaan Kristen (BAMAG-LKK), Masjid Raya Ahmad Yani, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran, Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah dan FKUB, Gubernur Olly Dondokambey, SE, Wagub Steven Kandouw, bersama Sekdaprov Edwin Silangen, selanjutnya melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama Pembangunan Rumah Sakit Mata Umum dengan PT. SMI Provinsi Sulut diakhiri dengan atraksi hiburan, ramah tamah, doorprize, dan penyerahan buku OD-SK 3 Tahun Kepemimpinan kepada jajaran Forkopimda, Tokoh masyarakat dan pemotongan kue ulang tahun oleh Gubernur didampingi Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, dan Wakil Ketua TP PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos.

(Tim/EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.