Lomba HATInya PKK, Upaya Wujudkan Keluarga Sejahterah

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut (Minahasa) –Penilaian Lomba HATINYA PKK Provinsi Sulawesi Utara di Desa Kopiwangker, Kec. Langowan Barat Kab. Minahasa. Senin, 25 Maret 2019, di Balai desa Kopiwangker. Dihadiri oleh Tim Penilai dari Provinsi Sulawesi Utara, Pengurus Tim Penggerak PKK Kab. Minahasa, Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Langowan Barat, Camat se Langowan Raya.

Diawali dalam Laporan Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Minahasa Dra. Fenny Ch. M. Roring-Lumanauw, SIP Kabupaten minahasa dalam hal ini Tim PKK telah melakukan persiapan untuk mengikuti Lomba di tingkat Provinsi.

Kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari lomba antar desa, dan kecamatan yang dilakukan selama 3 bulan, sehingga mendapatkan desa kopiwangker yang pantas mewakili Kab. Minahasa dalam lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi dan telah dilakukan pendampingan selama 2 Minggu oleh Tim Penggerak PKK Kab. Minahasa bersama dinas terkait.

Dijelaskam Dra. Fenny Ch. M. Roring-Lumanauw, SIP adapun Lomba-lomba yang diikuti Kab. Minahasa Lomba IVA TEST di desa Sea Kec. Pineleng, Lomba Posyandu, Lingkungan Bersih Sehat di desa Lotta Kec. Pineleng, Lomba UP2K di desa Kinali Satu Kec. Kawangkoan, Lomba PAAR di desa Parepei kec. Remboken, dan Lomba Administrasi di desa Kanonang Kec. Kawangkoan Barat.

Sementara itu Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si, dalam sambutannya Wabup Robby Dondokambey, S,Si, menyampaikan bahwa tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

“Penyelenggaraan Lomba HATINYA PKK secara berjenjang dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan nasional merupakan salah satu upaya TP-PKK untuk mewujudkan keluarga sejahtera melalui menciptakan ketahanan pangan keluarga khusunya pemanfaatan pekarangan rumah untuk mencukupi kebutuhan bahan pokok.” Tutur Wabup ROR

Kepada Tim Penilai dan jajaran pengurus TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara di Desa Kopiwangker Kecamatan Langowan Barat, melalui penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat agar dapat memberdayakan potensi keluarga termasuk pemanfaatan pekarangan dan kreatifitas dalam mengolah barang bekas tidak terpakai sehingga dapat menjadi media tanam yang mampu menghasilkan.

“Kiranya apa yang sudah diupayakan saat ini mampu dijaga dan dirawat.” Jelas RD

Ditempat yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara yang di sampaikan Wakil Ketua Bidang Pokja 1 Sus Maritje Sualang-Pangemanan, S.Pd. Mengapresiasi semangat dan motivasi yang tinggi untuk menjalankan program-program PKK di daerah kita.

“Salah satu kegiatan Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 dan pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tahun 2019 adalah pelaksanaan lomba-lomba kegiatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) seperti lomba Hatinya PKK, IVA TEST, Lomba PHBS, LBS dan Posyandu.” Jelas Sus Maritje Sualang-Pangemanan, S.Pd.

Memastikan bahwa gerakan PKK ini dapat dijalankan, sebagai bagian pembinaan pelaksanaan program gerakan PKK sesuai hasil Rakernas PKK beberapa hal yang perlu di perhatikan, adalah program-program PKK selalu terintegritas dengan program-program lain terutama yang dikelola pemerintah, maupun swasta dan LSM, baik di pusat, provinsi dan Kab/Kota.

Diketahui dilingkungan Provinsi Sulut, kegiatan PKK disuport/didukung oleh instansi terkait baik dukungan dana maupun dalam bentuk kegiatan langsung dalam bidang keuangan untuk mendukung program TP PKK disemua jenjang.

“Harapannya, bantuan dari pemerintah ini diperlukan adaptasi secara aktif dalam musrenbang mulai dari mengusulkan program-progr PKK dan program lain menyangkut kepentingan keluarga dan masyarakat kedalam rencana kerja pemerintah setempat.” Pungkasnya

Turut hadir Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara Bidang Pokja 1 Sus Maritje Sualang-Pangemanan, S.Pd, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Minahasa Dra. Fenny Ch. Roring-Lumanauw, SIP, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong , Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Minahasa Seeve Korengkeng-Warouw, SE,  Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Minahasa Dr. Denny Mangala, M.Si, Camat Langowan Barat Ir. Lendy Aruperes, Tim Penggerak PKK Kecamatan Langowan Barat Lenda Aruperes-Lumenta,SE , dan Kepala Desa Kopiwangker Vanda Emor,

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.