Dorong Sustainabilitas Iuran, BPJS Kesehatan Prabumulih Evaluasi Kinerja Kader JKN

Spread the love

Jurnalline.com, Prabumulih (Sumatra selatan) – BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih memberikan pembekalan sekaligus mengevaluasi kinerja Kader JKN di wilayah Kota Prabumulih pada Selasa (23/04). Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan meningkatkan kolektabilitas iuran dan melakukan sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada masyarakat melalui Kader JKN.

Kader JKN merupakan perpanjangan tangan dari BPJS Kesehatan yang mempunyai peran sebagai mitra kerja dari BPJS Kesehatan yang bekerja secara sukarela dalam rangka mengoptimalkan kegiatan sosialisasi, edukasi, pendaftaran kepesertaan, pengingat dan pengumpul iuran serta pemberi informasi pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

Selain bertugas sebagai pengumpul iuran, Kader JKN bertugas mengingatkan, membina, serta mengunjungi peserta yang mengalami tunggakan iuran. Hal ini dikarenakan peserta binaan ini harus dijaga konsistensinya dalam membayar iuran demi menjaga sustainabilitas iuran JKN-KIS.

Hivani, seorang Kader JKN di Kota Prabumulih, mengatakan bahwa menjadi Kader JKN memberikan kesan tersendiri baginya.

“Saya mencoba berbagai upaya pendekatan kepada masyarakat. Saya berusaha meyakinkan masyarakat bahwa menjadi peserta JKN-KIS sangatlah bermanfaat dan saya juga melakukan edukasi terhadap peserta yang menunggak iuran agar segera melunasi tunggakannya, sehingga kartu dapat aktif kembali dan bisa digunakan saat berobat,” kisahnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih Yunita Ibnu mengatakan evaluasi kader ini juga bertujuan untuk berbagi cerita dan pengalaman kepada Kader JKN lainya, sehingga diharapkan pada pelaksanaannya dilapangan dapat berjalan optimal.

“Kader JKN ini memiliki peran yang sangat strategis hal mendorong masyarakat mendaftar menjadi peserta JKN-KIS dan membayar iuran secara tepat waktu. Kader JKN harus membekali diri dengan berbagai informasi terbaru tentang Program JKN-KIS sehingga para Kader JKN dapat memberikan pemahaman yang tepat kepada masyarakat,” jelas Yunita Ibnu.

Pada kesempatan tersebut, Yunita juga memberikan reward kepada Kader JKN yang telah berhasil dalam membina daerah binaannya.

Penulis : Yitno
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.