Dirdiklat Kodiklatau Buka Pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan Ke – 77 T.A. 2019

Spread the love

Jurnalline.com, Surakarta SMO – Direktur Pendidikan dan Latihan (Dirdiklat) Kodiklatau Marsekal Pertama TNI Kustono, S.Sos selaku inspektur upacara membuka pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan Ke-77 T.A. 2019, bertempat di lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo. Minggu (26/5).

Pendidikan ini dilaksanakan selama lima bulan di Skadron Pendidikan 404, yang saat ini Komandan Skadik 404 dijabat oleh Letkol Nav Endra Prasetiawan, S.E. Di Skadik 404 inilah para Tamtama TNI AU digembleng, ditempa dari masyarakat sipil menjadi Prajurit TNI Angkatan Udara yang Profesional, Militan dan inovatif. Selain pendidikan Kemiliteran dan kematraan udara para siswa juga akan menerima berbagai materi pelajaran sesuai kurikulum pendidikan yang ditetapkan seperti HAM, Kewarganegaraan, Sejarah perjuangan bangsa, Pokok-Pokok Ajaran Agama, Sejarah Perjuangan Bangsa, Pancasila, UUD 1945, Ilmu Tehnik Komputer dan lain-lain.

Tujuan pendidikan Semata pada hakekatnya adalah membentuk warga negara Indonesia menjadi prajurit TNI AU yang dilandasi sikap mental dan perilaku prajurit Sapta Marga, memiliki pengetahuan serta keterampilan dasar prajurit golongan Tamtama. Demikian sambutan Dankodiklatau Marsekal Muda TNI Andjar Sungkowo S.E., Msi., (Han)., pada upacara pembukaan pendidikan Sekolah Pertama Tamtama Prajurit Karier (Semata PK) TNI AU angkatan ke-77 yang dibacakan Dirdiklat Kodiklatau.

Diakhir amanatnya Dankodiklatau menyampaikan beberapa penekanan kepada para prajurit siswa antara lain, peningkatan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pentingnya menjaga kesehatan dan kesemaptaan jasmani, patuhi seluruh peraturan yang telah ditentukan lembaga serta tekuni materi ilmu pengetahuan dalam setiap pelaksanaan tugas belajar dengan tanggung jawab, disiplin, loyalitas dan kesungguhan disertai semangat belajar maupun berlatih.
Seusai upacara dilanjutkan dengan acara tambahan berupa tradisi pengguntingan rambut dan penyiraman air bunga oleh Dirdiklat Kodiklatau kepada perwakilan siswa, dilanjutkan penyiraman masal kepada para prajurit siswa. Hadir dalam upacara pembukaan pendidikan Semata PK TNI AU angkatan ke-77 T.A. 2019 para pejabat Lanud Adi Soemarmo dan Depohar 50.

Keterangan gambar :
Dirdiklat Kodiklatau saat memotong rambut perwakilan siswa sebagai tradisi dimulainya pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan ke-77 T.A. 2019.

Penulis : Fram
Editor : Fay
Sumber : Rls

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.