Erni Guntarti Tjahjo Kumolo Lantik Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Malut

Spread the love

Jurnalline.com, Ternate (Maluku Utara) – Ketua Umum Tim Penggerak PKK Ibu Erni Guntarti Tjahjo Kumolo secara resmi melantik Ketua tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Utara periode 2019-2024 Ibu Hj. Faoniah Djauhar Kasuba. Acara pelantikan dilangsungkan di Gamalama Room, Daffam Hotel pada Selasa (25/6/2019).

Acara pelantikan yang berlangsung pada sore hari sekitar pukul 16:00 Wit juga dihadiri oleh Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba (AGK) yang juga selaku Pembina Tim Penggerak PKK Provinsi Malut, Forkopimda Provinsi Malut, Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota dan SKPD Provinsi Malut.

Dalam kegiatan tersebut, Istri Mendagri Tjahjo Kumolo saat membacakan sambutan menyampaikan Saat ini, gerakan PKK secara operasional telah diatur dengan Peraturan Presiden nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK yang di mana Sebagai mitra kerja pemerintah, Gerakan PKK yang sudah menetapkan 10 program pokok PKK mendukung pemerintah dalam melaksanakan seluruh kebutuhan dasar hidup manusia sejak masih dalam kandungan sampai dengan lanjut usia. selain itu, dirinya juga meminta agar program-program Tim Penggerak PKK senantiasa bersinergi dengan program-program pemerintah dan pemerintah daerah.

“Tim Penggerak PKK perlu memahami program-program dan program prioritas dari pemerintah dan pemerintah daerah, selanjutnya pemetaan untuk mengetahui di mana dan bagaiman 10 program pokok PKK itu dapat dilaksanakan,”katanya

Dirinya juga mengatakan, keberhasilan pemberdayaan keluarga merupakan faktor penentu pertama dan utama suksesnya pemberdayaan masyarakat di daerah secara keseluuruhan.

“Kami mengharapkan pembinaan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan agar mampu meningkatkan sinergitas dan kekompakan TP PKK Desa/Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan tugas dan tanggung Jawab dalam menyukseskan pelaksanaan-pelaksanaan 10 Program pokok PKK agar banyak lagi daerah-daerah yang mempunyai ikon/potensi yang dapat dikembangkan,”jelasnya

Selain itu, dirinya juga mengingatkan, bahwa dalam penataan keanggotaan TP PKK perlu memperhatikan masa bakti tidak otomatis ganti ketua ganti kepengurusan walaupun pengkaderan juga diperlukan.

“Untuk kesinambungan pengelolaan Gerakan PKK dalam penyusunan keanggotaan TP PKK yang baru tetap mempertahankan minimal 50% keanggotaan yang lama dengan mempertimbangkan rentang waktu penetapannya,”ujarnya

Sementara Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba sebagai Pembina Tim Penggerak PKK dalam sambutannya mengatakan, besar harapan kita, bahwa ketua bersama Tim Penggerak PKK nanti akan terus bersinergi dengan pemerintah dan lembaga lainnya, dalam upaya penanganan masalah sosial yang terkait dengan perempuan, anak dan keluarga. Sebab itu, perlu adanya kepedulian dan keseriusan kita semua pihak termasuk Tim Penggerak PKK di semua jenjang.

“semoga dengan dilantiknya Ketua Tim Penggerak PKK, diharapkan kepada Ibu ketua dapat melengkapi perangkatnya sekaligus menyusun program kerja tahunan sesuai AD ART,”pinta Gubernur

Penulis : Wahyudi Yahya
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.