Jadi Bagian Papua, Satgas Pamtas Yonif PR 328 Kostrad Lakukan Tradisi Injak Piring

Spread the love

Jurnalline.com, Penkostrad – Mengakhiri masa tugas dalam menjaga wilayah perbatasan RI-PNG, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328 Kostrad melaksanakan upacara adat injak piring sebagai bagian dari warga Papua oleh Kepala Adm. PLBN Skouw Bapak Yan Z. Numberi, Jayapura Kamis (15/08).

Hal ini disampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif PR 328 Kostrad Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han) bahwa pengukuhan sebagai bagian dari Papua merupakan penghargaan yang diberikan atas dedikasi tugas Satgas Pamtas Yonif PR 328 Kostrad.

Bapak Yan Z. Numberi mengatakan bahwa dirinya selaku anak adat dari Suku Saereri mendapatkan tugas untuk melakukan ritual adat dengan meminta izin kepada leluhur kami untuk menempatkan Satgas sebagai bagian dari orang Papua, “Kami ingin hari ini, Satuan Yonif PR 328 Kostrad sebelum kembali untuk menjadikan bagian dari orang Papua yaitu dengan ritual injak piring,” ucap Bapak Yan.

Acara tradisi dilakukan di depan Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif PR 328 Kostrad dengan diawali injak piring yang dilakukan oleh Dansatgas dan pemberian gelang secara simbolis kepada Dansatgas.

Sementara itu, Mayor Inf Erwin mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan dengan menjadikan Satgas bagian dari orang Papua, “Kami merasa sangat terhormat telah menjadi bagian dari orang Papua,” tutur Mayor Erwin.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.