Kaskoarmada II Terima Kunjungan Pasis Sesko Malaysia

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya (Koarmada II) – Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Iwan Isnurwanto menerima kunjungan Perwira Siswa Malaysian Armed Forces Command and Staff College di Markas Komando Armada II, Kamis (7/11).

Para pasis (Perwira Siswa) yang sedang menempuh pendidikan setingkat sesko angkatan ini terdiri dari tiga matra Tentara Diraja Malaysia, darat, laut dan udara. Nampak di antaranya pasis tamu dari manca negara, yakni Thailand, Filipina, Pakistan, Australia, Saudi Arabia dan juga Indonesia. Mereka adalah perwira menengah dengan pangkat Mayor hingga Letkol.

Kaskoarmada II dalam sambutannya saat mengawali acara menyampaikan apresiasi dan permohonan maaf dari Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, yang berhalangan hadir karena tugas penting lainnya yang tidak dapat ditinggalkan.

Iwan berharap kunjungan ke Koarmada II ini dapat bermanfaat bagi para perwira siswa dari negeri jiran tersebut, terutama dapat melengkapi kepentingan studi mereka. “Semoga kunjungan ini membawa manfaat besar juga untuk kelangsungan kerja sama dalam berbagai bidang antara Indonesia dengan Malaysia juga saling pengertian antar kedua negara,” tandas Iwan.

Disamping itu, dengan nada ringan, Iwan juga menyampaikan agar para perwira siswa dan pendamping menyempatkan waktu menikmati Surabaya dengan segala keunikan dan kekayaan kulinernya yang khas.

Dalam kesempatan ini Kaskoarmada II juga mengenalkan beberapa pejabat teras utama di jajaran Koarmada II. Para Pasis pun disuguhi tayangan video mengenai profil Koarmada II dan penjelasan singkat tentang Koarmada II oleh Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 Letkol Laut (P) I Gede Putu Iwan.

Sementara dalam sambutannya sebagai Ketua Delegasi, Directing Staff of Malaysian Armed Forces Command and Staf College Captain Yusman Ostadi menyampaikan hal serupa yakni apresiasi untuk sambutan yang diberikan kepada mereka.

“Saya ucapkan terima kasih atas perjumpaan ini. Sebetulnya selain ke Indonesia, ada delegasi lainnya yang melaksanakan kunjungan ke Thailand, Beijing, dan Korea Selatan untuk kepentingan studi para pasis, ” tutur Yusman.

Yusman dalam pertemuan tersebut juga mengenalkan beberapa perwira stafnya dan lima orang perwira asal Indonesia, yang juga sedang mengikuti sesko di Malaysia. Dalam lembaga pendidikan yang bermarkas di Kuala Lumpur ini para pasis mendapat beragam materi pendidikan yang akan membekali mereka sebagai perwira militer yang mumpuni dibidang pertahanan dan keamanan, sekaligus mendukung karier kemiliteran mereka.

Selama menempuh kursus yang berlangsung dalam tiga semester, para Pasis mendapat materi atau Modul tentang Policy and Strategy Module (PASM), lalu Command, Leadership and Management Module (CLMM) dan Military Module (MM). Kedatangan mereka keIndonesia sebagai study banding untuk memenuhi persyaratan tugas akhir mereka nanti.

Jelang berakhirnya acara dilaksanakan pertukaran cinderamata serta ramah tamah dan foto bersama dengan latar Monumen Jalesveva Jayamahe.

Nampak hadir dalam acara tersebut Irkoarmada II, para Asisten Pangkoarmada II, Komandan Unsur Koarmada II, serta Kasatker Koarmada II.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Koarmada II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.