Momentum HKN, Pemkab OKI Prioritaskan Masalah Kesehatan Masyarakat

Momentum HKN, Pemkab OKI Prioritaskan Masalah Kesehatan Masyarakat
Spread the love

Jurnalline.com – KAYUAGUNG – Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membawa tema “Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri” ada 4 hal yang menjadi perhatian penting serta menjadi priroritas utama Dinas Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dipedesaan sesuai dengan visi dan misi Pemkab OKI membangun dari Desa.

“Untuk menciptakan generasi sehat maka langkah awal yakni dimulai dari kesehatan janin ibu hamil. Sehingga pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas Kesehatan mencanangkan desa bebas dari kematian ibu melahirkan, bebas dari kematian balita, desa bebas dari gizi buruk dan desa bebas dari kasus penderita TB paru aktik,” kata Bupati OKI, Iskandar SE, saat memberikan sambutan pada acara bakti sosial di Kecamatan Pampangan, Selasa (25/11/2015) yang merupakan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional.

Bupati OKI Iskandar,SE sedang menjenguk pasien RSUD

Bupati OKI Iskandar,SE sedang menjenguk pasien RSUD

Masih kata Bupati OKI, Iskandar SE, mengenai masalah kesehatan pemerintah Kabupaten OKI akan memberikan pelayanan yang terbaik dan memenuhi standar operasional rumah sakit. “Semua bentuk perhatian ini tidak lain untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat dari pihak kesehatan akan diterapkan mulai dari Poskesdes, Puskemas hingga ke RSUD,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan H. M. Lubis MKes mengatakan peringatan HKN ke 51 kali ini diisi beberapa kegiatan bakti sosial seperti Sunatan masal, pemeriksaan gigi, pemeriksaan mata serta pemberian kacamata, pengobatan massal, pemeriksaan IVA dan kegiatan medis lainnya yang secara rutin diadakan untuk membantu masyarakat.

Masih katanya, kegiatan bakti sosial ini melibatkan 32 dokter untuk memberikan pelayanan kesehatan, meliputi pemeriksaan KB, kanker serviks atau IVA, pemeriksaan mata dan kanker payudara. Selain itu diadakan pemeriksaan gigi dan penyuluhan bagaimana menggosok gigi yang benar kepada anak sekolah.

Penandatanganan Prasasti Poskesdes oleh Bupati OKI

Penandatanganan Prasasti Poskesdes oleh Bupati OKI

Masih dalam rangkaian peringatan HKN ke 51, Dinas Kesehatan OKI juga akan melaksanakan Seminar tentang ASI Esklusif bagi masyarakat yang akan diikuti 500 peserta dari seluruh wilayah pada tanggal 30 November 2015 mendatang.

Selanjutnya masih dalam rangkaian kegiatan itu juga, Bupati OKI Iskandar SE, melakukan penandatanganan Prasasti Gedung baru Poskesdes Desa Sri Mulya dan Desa Ulak Depati, yang dilanjutkan dengan memberikan bantuan makanan tambahan kepada ibu hamil dan balita, serta bantuan sarung untuk anak-anak sunatan massal.

(Dinkes OKI/Novi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.