Polisi Bekuk Bos Penipu Via SMS

Polisi Bekuk Bos Penipu Via SMS
Spread the love

Jurnalline.com – JKT – Akhirnya Effendi bos penipu, Via SMS ‘Mama Minta Pulsa’ ini dibekuk tim Unit II Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Pria ini hidup mentereng punya rumah mewah nan luas lengkap dengan 2 mobil dan 4 motor di kampung halamannya di Sulawesi.

Effendi alias Lekeng alias Kenz sebagai bos penipuan via SMS yang selama ini meresahkan warga. “Kehidupan tersangka cukup mewah dibanding dengan tetangganya, sementara pekerjaannya tidak jelas. Diduga hasil kejahatan,” kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan kepada wartawan, Kamis (5/11/2015).

Herry menerangkan, tersangka dan keluarganya menempati rumah dengan luas tanah 600 meter persegi. “Rumah yang baru dibagun dengan luas tanah sekitar 600 meter persegi beserta isi isinya furnitur dan lain-lain sudah disita,” ungkapnya.

Lanjut Herry, tersangka juga memiliki 2 unit mobil dan 4 motor di rumahnya. Sekarang seluruh kendaraan tersangka juga ikut disita polisi.

Tersangka yang kini meringkuk di sel Polda, ditangkap atas pengembangan penangkapan 8 tersangka lainnya di Cianjur, Jawa Barat dam 5 lainnya di Bandung, Jawa Barat.

“Tersangka diduga kuat mengendalikan operasional penipuan via SMS yang beberapa komplotannya sudah ditangkap sebelumnya,” jelas mantan Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya ini.

Tersangka disergap tim saat mengemudikan mobil Toyota Avanza bernopol DD 8312 XY. Saat disergap, tersangka bersama istrinya berinisial Her dan anaknya.

Dalam aksinya, para pelaku menyebarkan SMS yang isinya bermacam – macam. Adapun, contoh kalimat SMS tersebut berbunyi “Mau Transfer Pakai Bank Apa, atau Tlp dlu ke no sy yg ini 087820088889: T’ks”.
Atau “Dlm program MANDIRI FIESTA, no rek anda mendapatkan cek Rp 75jt kode PIN 777777FD.INFO klik www.info-undianmandiri.blogspot.com”

Lanjut Herry “korban yang terpancing untuk menghubungi nomor telepon yang dicantumkan pada SMS tersebut akan dipandu ke ATM yang ujungnya malah mentransfer uang ke rekening tersangka”, Kata Herry.

“Tidak menutup kemungkinan ada modus SMS lainnya. Ini masih kami kembangkan,” pungkasnya.

(Zeet/Rai/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.