Uang Rp 200 Juta Berhasil Dibawa Kabur

Uang Rp 200 Juta Berhasil Dibawa Kabur
Spread the love

Jurnalline.com, KAYUAGUNG – Darmadi menjadi sasaran kawanan perampok, akibat dari peristiwa perampokan tersebut  uang tunai sebanyak Rp 200 juta rupiah berhasil dibawa kabur. Darmadi merupakan Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Desa Mulya Jaya, Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Peristiwa perampokan terjadi Minggu (8/11) malam dan baru dilaporkan korban ke Polsek Mesuji Raya, Selasa (10/11). Untuk menindaklanjuti laporan korban, Kapolsek Mesuji Raya Iptu Irwan Sidik SH melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres OKI untuk melakukan pengejaran terhadap Pelaku.

Berdasarkan keterangan korban ke penyidik, pelaku sebanyak 5 orang membawa senjata tajam dengan cara mendobrak pintu rumah. Setelah berhasil masuk, mereka menuju kamar dan ada yang menjaga di luar rumah. Kemudian pelaku memaksa korban untuk membuka berangkas yang berisikan uang ratusan juga.

“Saat itu pelaku langsung memaksa korban untuk membuka berangkas, karena diancam menggunakan sajam, korban terpaksa membuka brangkasnya, saat itu pelaku menguras harta korban sebanyak  Rp 200 juta. Namun untuk nilai riilnya sekarang sedang kita lakukan pemeriksaan,” kata Kapolsek Iptu Irwan Sidik.

Perampokan tersebut terjadi pukul 23.00, saat desa sedang sepi dimana korban bersama keluarganya sedang tertidur lelap.  “Biasanya saat malam hari ada jaga malam, tetapi saat malam kejadian tidak ada jaga malam, sepertinya para pelaku ini sudah lama mengamati rumah korban dan mengawasi kondisi desa, dia sudah tau kapan ada jadwal jaga malam dan kapan tidak ada ronda malam,” ujar Irwan.

Pihak polisi sebenarnya menyesalkan tindakan korban yang tidak segera melaporkan peristiwa yang dialaminya saat usai kejadian, sehingga petugas tidak bisa langsung melakukan pengejaran usai kejadian.

“Sudah berselang satu hari setelah kejadian korban baru melaporkan kejadian yang dialaminya, seharusnya setelah kejadian dia langsung melapor, jadi kita bisa cepat melakukan pengejaran terhadap pelaku,” ungkap Irwan dan bisa  berkoordinasi dengan pihak Polsek Mesuji dan pihak Polres OKI.

Setelah menerima laporan dan mendapat petunjuk dari korbannya, polisi sudah mengidentifikasi para pelaku dan sudah berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres OKI untuk mengejar para pelaku.

“Untuk pelaku sudah teridentifikasi, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terungkap, saat ini memang rawan sekali terjadi aksi kriminalitas, karena beberapa komoditi seperti karet dan sawit sebagai mata pencarian masyarakat harganya anjlok, ini bisa memancing warga untuk berbuat kriminal,” ungkap Irwan.

Kapolres OKI AKBP M Zulkarnain melalui Kasat Reskrim AKP Dikri Olfandi membenarkan adanya kejadian tersebut. “Kita sudah kirim personil untuk membek up Polsek Mesuji Raya, guna menangkap para pelaku secepatnya,” singkatnya.

(Novi/mb/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE