Polres Jakbar Luncurkan Aplikasi Lapor Kejahatan

Polres Jakbar Luncurkan Aplikasi Lapor Kejahatan
Spread the love

Jurnalline.com, AKARTA – Kepolisian Resort Metro Jakarta Barat meluncurkan layanan masyarakat dengan menggunakan aplikasi berbasis android yang diberi nama Whistle Blower System (WBS). Peluncuran berlangsung di Mapolres Jakarta Barat.

Acara itu juga dihadiri para pejabat negara dan petinggi Polri, di antaranya Wakil Ketua KPK Irjen Pol (purn) Basaria Panjaitan, Wakabareskrim Mabes Polri Irjen Pol Syahrul Mamma, Wakil Inspektur Pengawasan Umum Irjen Pol Taufik Hidayat, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian, Wali Kota Jakarta Barat HM Anas Efendi, Dandim 0503 Letkol Inf M Asmi dan sejumlah Kapolres wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Program ini diluncurkan sebagai sarana informasi untuk memberikan pelayanan masyarakat terhadap kinerja aparat kepolisian,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian kepada wartawan, Jumat (12/02/16).

Kapolda meyakini sistem ini akan menimbulkan gejolak di lingkungan Polri, khususnya Polres Jakarta Barat. Tentunya ini juga akan membuat tidak betah oknum oknum polisi nakal yang nantinya akan merusak sistem.

Di acara itu Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, mengatakan, sistem ini bisa untuk pelaporan tindak kejahatan hingga kasus korupsi. “Dengan mengunduh langsung melalui Play Store pada aplikasi Android, masyarakat sudah dapat langsung melaporkan kepada Polres Metro Jakarta Barat,” paparnya.

Dikatakannya, ada tiga menu dalam aplikasi ini, mulai dari informasi, berinteraksi dengan operator, dan lokasi pos polisi terdekat. Untuk melancarkan sistem ini, pihaknya secara khusus telah menyiapkan sebuah ruangan khusus dalam operasinya dengan didukung enam orang operator yang bekerja 24 jam selama tujuh hari dan terbagi dalam 3 shift. “Informasi tentang pelapor akan dirahasiakan,” ujar Rudy.

(Jon/Anar/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.