Di Muka Umum, Menteri Jokowi Berdebat Blok Masela

Di Muka Umum, Menteri Jokowi Berdebat Blok Masela
Spread the love

Jurnalline com, JAKARTA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli terlibat polemik dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dalam skema pengembangan Blok Masela, apakah di bangun di darat (onshore) atau di laut (offshore).

Banyak pihak menyayangkan tindakan kedua pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. Namun lain halnya dengan pengamat politik dari Lingkar Madani Ray Rangkuti.

Dia malah meminta Presiden Jokowi agar membiarkan para menterinya adu argumen di ruang publik.

“Ini pembelajaran politik bagi publik, jangan dianggap suatu kegaduhan, kalau gaduh itu ketika keputusan sudah diambil presiden tetapi masih ada perdebatan, jadi tradisi ini harus diteruskan oleh presiden,” ujar Rangkuti, Jakarta, Rabu (9/3/2016).

Menurut Rangkuti‎, jika tidak ada perbedebatan antar kedua menteri tersebut, masyarakat Indonesia tidak mengetahui di Maluku terdapat Blok Masela yang menyimpan cadangan gas begitu besar.

“Kalau Rizal Ramli enggak cerita Blok Masela, enggak ada yang tahu masyarakat kalau sekarang masyarakat jadi tahu Blok Masela,” ucap Rangkuti.

Tidak adanya perdebatan menteri di ranah publik, kata Rangkuti, juga berpotensi menimbulkan keputusan secara diam-diam yang menguntungkan beberapa pihak tanpa memperhatikan keinginan masyarakat khususnya rakyat Maluku.

(Fram/Jethro/Red}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.