Diduga Hina Lambang Negara ‘Zaskia Gotik’ Diusut Polisi

Diduga Hina Lambang Negara 'Zaskia Gotik' Diusut Polisi
Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Tim Subdit Cybercrime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengusut dugaan penghinaan terhadap lambang negara yang dilakukan oleh artis Zaskia Gotik. Polisi telah membuat laporan model A untuk menyelidiki kasus tersebut.

Kanit I Subdit Cybercrime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kompol Nico Setiawan mengatakan pihaknya menemukan dugaan tindak pidana tersebut pada saat melakukan cyber patrol.

“Kita dari Subdit Cybercrime, setelah patroli cyber kita lihat, baca ada keluhan masyarakat dari salah satu artis yang menghina terkait sila kelima Pancasila. Maka kita buat laporan informasi dan kita tindaklanjuti,” ujar Nico kepada wartawan di SPKT Polda Metro Jaya seusai membuat laporan, Kamis (17/3/2016).

Zaskia diduga telah melanggar UU No 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan.

“Nanti kami selidiki terlebih dahulu apakah memenuhi unsur pidana atau tidaknya,” imbuh Nico.

Polisi juga meminta keterangan saksi dari Ketua Umum LSM Komunitas Pengawas Korupsi (KPK), Muhammad Firdaus yang juga melaporkan Zaskia Gotik ke Polda Metro Jaya.

“Laporan yang dibuat laporan kita sendiri (model-A). Untuk LSM, keberadaan mereka nanti kita minta keterangan saksi dan bukti,” tambah Nico.

Dugaan pelecehan terhadap lambang negara itu terjadi dalam sebuah program di salah satu stasiun televisi swasta pada Selasa (15/3) lalu. Saat itu kegiatan diisi games di mana sejumlah artis, termasuk di dalamnya ada Zaskia Gotik, diminta menjawab pertanyaan seputar kebangsaan.

Zaskia ditanya tanggal berapa Hari Kemerdekaan RI, yang seharusnya dijawab tangal 17 Agustus, namun malah dijawab tanggal 32 Agusus. Dalam kalender sendiri tidak ada penanggalan sampai ganggal 32.

Tidak hanya itu, Zaskia juga diduga melecehkan lambang negara ketika ditanya lambang sila ke-5 Pancasila. Simbol sila ke-5 Pancasila adalah padi dan kapas namun dijawab Zaskia ‘bebek nungging’.

Zaskia sendiri sudah meminta maaf terkait ucapannya di TV itu.

“Saya manusia biasa yang tidak luput dari salah dan khilaf. Saya minta maaf dari lubuk hati yang paling dalam untuk masyarakat dan negara,” katanya.

Zaskia yang menunjukkan wajah penyesalan, mengatakan bahwa dia khilaf karena sedang berada dalam situasi penuh canda. “Neng tidak ada niat sama sekali untuk menghina,” kata Zaskia yang ditemui di, Jakarta Barat, Rabu (16/3).

{Zeet/Jon/Red}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.