Rencananya Mentan Panen Raya kali ke 3 di OKI

Rencananya Mentan Panen Raya kali ke 3 di OKI
Spread the love

Jurnalline, KAYUAGUNG – Petani di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kian diperhatikan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. Rencana kali ke tiga kedatangan Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman untuk melakukan panen padi di Bumi Bende Seguguk, Kamis (24/3/2016) mendatang.

“Saya baru dapat kabar kalau Menteri Pertanian Amran Sulaiman akan datang ke Kabupaten OKI untuk panen padi, tapi itu baru rencana belum dapat dipastikan apakah pak menteri benar-benar mau datang ke sini,” kata Kepala Dinas Pertanian Syarifudin SP MSi, Minggu (20/3).

Menurut kabar yang didapat kata Syarifudin, menteri pertanian ingin melakukan panen padi di Kabupaten OKI. “Kita masih carikan lokasi terdekat untuk melakukan panen kemungkinan di Tanjung Lubuk, pak menteri ingin dicarikan tempat terdekat untuk panen, karena beliau tidak ingin menggunakan helicopter melainkan menggunakan jalur darat,” ungkap Syarifudin.

Masih kata Syarifudin, saat ini Pemerintah Kabupaten OKI terus berupaya untuk mengenjot hasil produksi dengan melakukan pembukaan lahan baru sehingga pada 2016 luas areal lahan pertanian meningkat menjadi 139.735 hektar meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 124.000 hektar.

Menurut Syarifudin, pihaknya mengoptimalkan lahan yang selama ini tidak tertanami atau  lahan tidur yang saat ini sudah ditanami padi.  “Dari lahan itu kita memiliki target menanam dilahan seluas 195.000 hektar bagaimana caranya?, dengan IP 300 atau tiga kali tanam,” jelasnya.

Syarifudin menambahkan Produksi padi OKI tahun 2016 ini, di targetkan sebanyak  851.000 Ton,  tentu produksi ini akan kita peroleh dari  panen yang dilakukan  pada bulan Januari dan Maret.

Kabag Humas dan Protokol Dedy Kurniawan SSTP MSi didampingi Kasubag Pemberitaan Adi SPd mengungkapkan, pihaknya sebagai humas selalu siap untuk mengedepankan pelayanan pablik dibidang pertanian dan bidang lainnya. Karena, sudah saatnya, pemerintah memberikan pelayanan terdepan kepada petani.

“Tah hanya petani harus dilayani, tetapi juga pelayanan pendidikan, kesehatan, dan pelayanan masyarakat mengenai identitas diri, kartu tanda penduduk yang sekarang ini selalu menjadi kendala di masyarakat,” singkat Dedy yang selalu siap untuk kepentingan masyarakat OKI.

(Novi/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.