Rudiantara : ‘Pilih Ajak bicara’ Sebelum Blokir Aplikasi Uber Dan Grab

Rudiantara : 'Pilih Ajak bicara' Sebelum Blokir Aplikasi Uber Dan Grab
Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Menkominfo Rudiantara telah bertemu langsung dengan Menhub Ignasius Jonan untuk membicarakan permasalahan transportasi berbasis aplikasi, Uber dan Grab. Rudiantara memastikan belum memblokir aplikasi kedua layanan transportasi tersebut.

“Tunggu sampai besok dulu, kita bicarakan dulu (Kominfo dengan Uber dan Grab),” kata Rudiantara di Jakarta Pusat, Senin (14/3/2016).

Rudiantara akan mendengarkan penjelasan dari pihak Uber dan Grab Car tentang layanan transportasi mereka. Diharapkan pertemuan itu akan menghasilkan solusi yang paling tepat dan bijaksana. Mengingat layanan transportasi online ini sangat memudahkan masyarakat.

“Nanti kita biar bagaimanapun tetap harus dengarkan para pihak apalagi keinginan masyarakat untuk mendapatkan proses yang lebih efisien, lebih affordable, lebih terjangkau harganya,” kata Rudiantara.

Sementara itu Menhub Ignasius Jonan dalam kesempatan tersebut menegaskan, Uber dan Grab harus mengantongi izin resmi sebagai transportasi publik. Keduanya harus memiliki NPWP dan kendaraan yang digunakan harus lolos uji KIR.

“Ini bukan soal aplikasinya. Transportasi umum ya harus ngurus izin transportasi umum,” kata Jonan.

Namun Jonan menegaskan, perizinan transportasi umum merupakan kewenangan Pemerintah Daerah. Termasuk pengujian KIR kendaraan, merupakan wewenang Dinas Perhubungan, bukan Kemenhub.

“Nah itu izinnya gimana, tanyakan ke Pemda,” katanya.

{Zeet/Fram/Red}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.