UJI EMISI GRATIS BIDIK 2.400 KENDARAAN BERMOTOR

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta Sebanyak 2.400 kendaraan bermotor menjadi target pelaksanaan uji emisi gratis selama 3 hari yang digagas Kantor Pengelola Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Rabu(11/5). Uji emisi gratis tersebut membidik 3 lokasi yaitu Jl. Boulevard Barat Depan Lotte Mart Kelapa Gading, Jl. Danau Sunter Selatan dan Jl. Benyamin Sueb Sisi Timur Kemayoran.

“Uji emisi ini sangat penting karena dapat mengetahui ambang batas gas buang dari kendaraan yang kita gunakan setiap harinya. Kalau rutin mengikuti uji emisi berarti kita peduli terhadap peningkatan kualitas udara,” ungkap Suroto, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Dalam kesempatan itu pula, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Utara didampingi Kepala Pengelolaan Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Rusman Sagala turun langsung dengan menggunakan alat yang tersedia untuk mengecek knalpot mobil. Setelah terdeteksi di mesin uji emisi akan terlihat apakah berada diambang batas normal atau melebihi.

“Kalau dinyatakan lulus uji emisi dengan kriteria solar dan bensin, petugas akan memberikan stiker. Jika tidak maka pengguna kendaraan bermotor akan direkomendasi untuk segera melakukan rangkaian service rutin di bengkel,” ujar Rusman.

Menurutnya, kegiatan uji emisi gratis ini sebagai bagian dari pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2016 dan juga dalam rangka penerapan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP). “Selain itu, uji emisi gratis untuk menggugah masyarakat supaya rutin merawat kendaraan dan tidak berdampak terhadap penurunan kualitas udara. Kalau rutin merawat kendaraan maka sisa gas buang akan semakin bagus,” tambahnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor untuk memanfaatkan kegiatan uji emisi gratis yang berlangsung secara bergantian di 3 lokasi mulai dari Pukul 08.00 WIB sampai Pukul 15.00 WIB. “Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk merawat kendaraan lebih baik sehingga pengendalian udara akan semakin meningkat,” ungkap Rusman.

Sementara itu, Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Utara, R.Agus Muliadi ikut berpartisipasi mengecek kendaraan dinasnya dengan Nopol B 9046 PSD dalam kegiatan uji emisi gratis. “Tadi sudah dicek dan dinyatakan lulus uji emisi,” terangnya.

(Bil Idrus/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.