Fasilitas Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Spread the love

Jurnalline.com, Tangerang PT Angkasa Pura II berencana ingin meningkatkan daya saing Bandara Soekarno-Hatta dengan bandara lain, terutama di kawasan ASEAN.

Upaya meningkatkan daya saing itu dilakukan dengan meningkatkan fasilitas yang ada pada Bandara sukarno-hatta. Seperti yang telah dilakukan di Terminal 3.

Direktur Pelayanan Ituk Herarindri mengatakan, memang akan ada sesuatu yang baru dari fasilitas yang ditunjang teknologi saat ini. Tercatat, setidaknya ada 6 fasilitas teknologi yang diimplentasikan di Terminal 3.

Kesatu, BHS level 5 yang bisa mendeteksi bahan peledak( bom). Jadi apabila ada barang yang terdeteksi.maka akan langsung dimasukkan ke bom blanket untuk ditindaklanjuti.

Kedua, airport security system (ASS) yang akan berfungsi layaknya intelijen. Dengan adanya teknologi ini, CCTV dapat mendeteksi wajah penumpang pesawat atau pun pengunjung bandara. Ituk mengatakan CCTV yang dipasang ada di 500-600 titik di bandara.

Ketiga, fully Intelligence Building Management System (IBMS). Teknologi ini membuat Terminal 3 menjadi bangunan yang mengusung konsep eco green. Sehingga dapat mengatur pengeluaran air, penggunaan listrik dan sebagainya.

Keempat, rain water system yang dapat mengolah air hujan sehingga bisa digunakan sebagai air bersih. Teknologi kelima, recycle water system yang dapat mengolah air tpilet untuk kembali menjadi air toilet untuk menghemat air.

Terakhir.adalah teknologi pencahayaan yang bisa menyesuaikan terang dan redupnya lampu sesuai kondisi cuaca. Teknologi yang dipasang ini diharapkan AP II meningkatkan dari bintang 3 menjadi bandara Bintang 5.

Di terminal 3 nantinya akan dipasang karya instalasi seni. Secara berkala pihaknya akan mengadakan pameran.

Kita secara berkala akan adakan pameran seni rupa lukisan, karena terminal 3 adalah beranda bandara kita,” ujar Ituk di Tugu Kunstkring, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (09/06/2016).

Ituk pun berharap dengan adanya kondisi ini akan menambah antusiasme wisatawan datang ke Indonesia. Jadi kita berharap, orang akan semakin senang datang dan Indonesia semakin baik promosinya, ” ujar ituk.

(RH/RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.