Warga Desa Parahu Butuh Bantuan Pemerintah

Spread the love

Jurnalline.com, Tangerang Sarwini (50) warga Kampung Parahu RT 02/04, Desa Parahu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, merupakan satu diantara sekian banyak warga miskin di Desa tersebut. Sarwini tinggal di rumah kumuh ini sejak puluhan tahun lalu, namun belum tersentuh bantuan pembangunan dari pemerintah.

Rumah petak berukuran 5 X 5 meter ini dihuni oleh 6 orang anggota keluarga. Sementara suami Sarwini bernama Namin (60) tidak memiliki pekerjaan tetap. Bahkan sejak lima tahun lalu Namin menderita sakit katarak, kedua matanya kini tidak berfungsi secara normal.

Niat untuk memiliki rumah yang bagus dan layak huni ini sudah lama dia pendam. Namun boro-boro untuk membangun rumah, untuk makan sehari-hari saja, Sarwini terpaksa harus bekerja keras sebagai tenaga borongan lepas paking kue ringan milik tetangganya. Upah yang dia terima hanya sebesar 200 rupiah untuk satu pak kue kering yang dikerjakan selama 10 hari bahkan lebih. Jika di hitung-hitung sehari Sarwini hanya bisa memperoleh penghasilan dari paking kue kering sebesar Rp 20 ribu. Meski rumahnya kumuh, namun hingga kini tidak ada bantuan dari pemerintah yang dia terimanya.

Sarwini mengatakan, kesulitan hidup yang dia alami sudah terjadi sejak puluhan tahun silam. Saat musim penghujan dirinya hanya bisa berpasrah, meski kehujanan karena bocor. Sarwini berharap ada sumbangan dari darmawan atau pun pemerintah agar rumah yang dia tempati tidak kumuh lagi.

“Semoga ada uluran tangan dari pemernitah atau pun swasta yang bisa memperbaiki rumah saya. Karena saya tidak bisa membangun lantaran tidak punya uang,” ujar Sawini.

Dihubungi terpisah Camat Kresek Ahmad Kasori mengaku akan segera turun melihat kondisi rumah Sarwini. Menurutnya pada tahun 2015 lalu, di Desa Parahu sudah dilakukan pembangunan rumah tidak layak huni melalui program Gebrak Pak Kumis.

“Nanti saya cek dahulu, jika ada program bantuan bedah rumah, akan saya usulkan kembali,” ujarnya.

(J.A/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.