Warga Luar Batang Minta Desak Pemprov segera bangun Sheet Pile

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Warga Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera membangun sheet pile mulai dari bantaran Kali Pakin hingga Pelabuhan Sunda Kelapa.

Sekretaris Masjid Luar Batang, Mansur mengungkapkan, pembangunan sheet pile ini diminta warga RW 01,02,03,04 dan 17 yang bermukim di sepanjang bantaran.

“Warga ingin aman dan nyaman sehingga minta bantaran kali itu dibangun sheet pile. Karena saat rob dan musim hujan, lingkungannya rawan tergenang,” katanya kepada pers, senin  (25/7).

Ia menjelaskan, permintaan agar sepanjang bantaran dibangun sheet pile ini merupakan keinginan warga, tokoh masyarakat dan pengurus Masjid Luar Batang dan RT/RW.

“Saat ini saja tanggul yang lama sudah banyak rusak, renggang dan bocor sehingga saat rob, air masuk ke lingkungan warga,” tuturnya.

Atas dasar itu, lanjut Mansur, warga juga meminta tanggul yang rusak diperbaiki bersama dengan dibangunnya sheet pile. “Ini demi kepentingan warga Luar Batang,” ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi mengaku sangat menyambut positif permintaan dari warga Luar Batang ini. Terlebih, rencana pembangunan sheetpile di kawasan tersebut telah sejak lama disosialisasikan kepada warga.

“Kami menyambut positif permintaan warga. Saya sudah koordinasi dengan Dinas Tata Air DKI agar secepatnya dilakukan sheet pile,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan menjanjikan segera merealisasikan permintaan warga Luar Batang. Pengerjaan sheet pile dijanjikan bakal dilakukan dalam pekan ini sepanjang 1,2 kilometer.

“Sheet pile akan segera kami lakukan dalam minggu ini juga,” tandasnya kepada media di Balaikota DKI Jakarta , Senin, 25/7/2016.
Sementara itu, menurut anggota Prabowo Sunirman  DPRD DKI Jakarta, bahwa pembangunan sheet file merupakan kebutuhan warga luar batang, karna itu Pemprov DKI Jakarta, mesti segera merealisasikan kebutuhan itu, “Pemprov DKI Jakarta, jgn janji mulu, segera tetapkan jadwal pembuatan sheet pile untuk warga Luar Batang, “tandasnya, ketika ditemui di DPRD DKI Jakarta, senin siang (25/7/2016)

(IDG/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.