Dari Kolong Tol Rakyat Mengadili Ahok

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Untuk melawan pelemahan mekanisme maupun tatanan hukum, dalam perkara yg melibatkan gubernur Basuki Tjahaya Purnama, maka komunitas Jaringan Lawan Ahok (Jala Ahok )menggelar parodi dalam kegiatan SIDANG PENGADILAN RAKYAT UNTUK “AHOK” Jumat (5/8/2016) jam 13:30 – 17:00 WIB, bertempat di kolong Tol Cawang – Pluit, jl. Kepanduan Dua, Tambora, Jakarta Barat.

Di kegiatan yg terbuka secara umum ini , menurut Sunarto Ketua Panitia Pelaksana, bahwa kegiatan pengadilan rakyat ini merupakan wahana untuk konsolidasi penyadaran rakyat terhadap perkara perkara kejahatan korupsi, kemanusiaan dan kejahatan terhadap negara, yang dilakukan terduga Ahok.

“Dari forum Pengadilan Rakyat ini dapat menjadi amunisi kesadaran rakyat untuk kembali melakukan parlemen jalanan menggugat rezim berkuasa,” tandas sunarto.

Kegiatan ini, lanjutnya akan dilaksanakan selama 3 hari, hari Jumat (5/8/2016) s/d Minggu (7/8/2016).

“Di hari terakhir pengadilan rakyat ini, akan memutuskan Ahok bersalah, dan harus ditangkap dan dipenjarakan”, tandas Sunarto.

Adapun dalam kegiatan Pengadilan Rakyat ini, bertindak sebagai Ketua Hakim adalah Egi Sujana, SH, sedangkan bertindak dan berperan sebagai Jaksa Penuntut Umum adalah Sri Bintang Pamungkas.

Dalam dakwaannya, Sri Bintang Pamungkas menyatakan Bahwa Ahok didakwa atas tindakan korupsi dalam perkara Pembelian Lahan RS Sumber Waras. Ahok didakwa atas tindakan pelanggaran HAM pada perkara penggusuran rakyat, dan Ahok juga didakwa atas tindakan subversif/kejahatan atas kasus Reklamasi.

“Atas dakwaan tersebut, kami menggugat agar Ahok dihukum seberat-beratnya,” tandas Sri Bintang usai menyampaikan dakwaan dalam pengadilan rakyat, Jumat (5/8/2016).

Nampaknya pengadilan rakyat ini merupakan momentum dari kolong Tol Rakyat Mengadili Ahok dan sekaligus sebuah ironi kegelisahan masyarakat terhadap situasi penegakkan hukum di negeri ini.

(IDG/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.