Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Solusi Pemaanfaatan Lahan Kosong Aset Pemerintah

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Untuk mencegah adanya pemanfaatan lahan kosong oleh pihak tertentu, Wali Kota Jakarta Barat HM Anas Efendi meminta sebagian lahan aset Pemprov DKI Jakarta agar di jadikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), setelah itu dijaga keberadaannya.

“Saya himbau kepada pejabat yang terkait dengan aset untuk menjaga lahan kosong ini, jangan sampai lahan ini diserobot pihak lain. Saya lihat, untuk pembangunan RPTRA cuma 1.750 meter dari total lahan seluas 6.500 meter persegi. Sisa aset pemerintah ini harus dijaga. Jangan sampai ada bangunan berdiri. Tapi, beruntung saya lihat masih lahan kosong,” tuturnya di kantor Walikota Jakarta Barat, Jumat (26/8).

Lebih lanjut ditegaskan, gubernur DKI telah meminta kepada aparat wilayah agar memanfaatkan lahan yang terlantar akibat sengketa untuk kepentingan umum. Ia tak ingin adanya aset lahan pemerintah yang diserobot orang lain.

“Saya minta Sudin Pertamanan dan Sudin Pertanian untuk memanfaatkan lahan ini. Jangan sampai aset pemerintah ini ada yang mengklaim,” tandasnya.

Terkait RPTRA, Wali Kota juga meminta lurah dan camat untuk mencari lahan untuk pembangunan RPTRA. Sesuai keinginan gubernur ke depan setiap RW terdapat RPTRA. Namun ia juga menyadari sulitnya melaksanakan pembebasan lahan.

“Saya minta kepada masyarakat yang ingin membebaskan lahannya untuk pembangunan RPTRA. Pemerintah akan memberikan ganti untung lahan warga,” ujarnya.

Menyinggung masalah asset pemprov DKI Jakarta, Cinta Mega Wakil Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta, mengatakan bahwa masalah lahan untuk pemanfaatan RPTRA sebaiknya bukan sekedar dijaga keberadaanya, tapi juga harus diperjelas status hukum dan administrasinya.

“Kami berharap BPKAD mesti memiliki akurasi data asset lahan untuk RPTRA, baik data tentang status Hukum nya maupun administrasinya,”tutur Cinta Mega di DPRD DKI, Jumaat (26/8).

Harapan dewan juga menjadi harapan warga Jakarta, agar asset lahan di Jakarta dimanfaatkan untuk kemaslahatan warga Jakarta .

(IDG/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE