ANIES – SANDI FIGUR PEMIMPIN PROBLEM SOLVING BAGI JAKARTA

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Perhelatan akbar PILKADA DKI Jakarta sudah menggeliat, tidak terlepas dari pengamatan kaum muda Jakarta. Mayoritas menginginkan pemimpin santun namun tegas kiprah anak-anak muda seperti tersebut merupakan sebuah fenomena dari dinamika masyarakat akan upaya pencaharian calon-calon pemimpin yang amanah, jujur, lurus dan tentu dicintai rakyatnya, akhir-akhir ini semakin menjadi tumpuan harapan semua orang, demikian disampaikan oleh Aji Rimbawan inisiator dan sekaligus koordinator Barisan Anak Jakarta (BAJAK), saat ditemui di bilangan Tebet, Jakarta Selatan.

“Kondisi tersebut diperparah dengan semakin runtuhnya kepercayaan masyarakat terhadap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahya Purnama atau yang akrab dipanggil Ahok, karena berbagai kebijakan pembangunannya yang semakin cenderung tidak berpihak kepada rakyat,” tutur Aji.

Imbuhnya,  bahwa situasi kekinian memperlihatkan adanya suatu keinginan untuk mencari pemimpin alternatif dari ratusan, ribuan dan bahkan jutaan warga DKI dari berbagai elemen, melalui proses  menyaring, mencari, menggadang, mengusung, serta  merekomendasikan calon-calon pembawa perubahan berkarakter santun, tegas dan mendukung kearifan lokal.

“Dari fenomena kekinian, maka tidak kalah dengan elemen lainnya, Barisan Anak Jakarta (BAJAK) sebuah gerakan relawan anak muda yang tersebar diseluruh wilayah siap beraktifasi, ambil bagian ikut mengusung dan mendukung cagub-cawagub alternatif sekaligus pemimpin yang memiliki langkah problem solving bagi Jakarta,” pungkasnya kepada pers, Kamis malam (29/9/2016) di sebuah cafe di kawasan Tebet.

Menurutnya, cagub-cawagub DKI Jakarta yang memiliki langkah problem solving bagi jakarta adalah Anies Baswedan – Sandiaga Uno sebagai pasangan calon Gubernur DKI untuk periode 2017 – 2022. Karena itulah BAJAK yang didukung oleh komponen pemuda, pelajar dan  para aktivis ibukota, bertekad akan menciptakan dan mendorong Anies – Sandi agar dapat menciptakan  DKI sebagai Ibukota humaniter yakni pembangunan yang menitikberatkan pada sendi-sendi humanisme.

” Di kesempatan ini, kami Barisan Anak Jakarta menegaskan, pemimpin Ibukota Jakarta yang merupakan capital city  atas mainstream dari pembangunan kota-kota besar lainnya, harus dipimpin oleh sosok manusia leadership yang memiliki aspek humanisme, toleran, memiliki  hati nurani (sense of crisis), dan tentu saja berjiwa pamong, melindungi warganya, kriteria itulah yang ada pada diri Anies-Sandi,” tandasnya.

Menurutnya, Anies-Sandi merupakan cagub – cawagub yang memiliki aspek jiwa kepemimpinan daerah yang tidak sebatas mengejar target-target dan orientasi pembangunan fisik semata dalam akuntabiltas anggaran, akan tetapi juga lebih menitikberatkan pada aspek social (sosio nasionalisme dan sosio demokrasi) yang melingkupinya maupun hal-hal yang menyangkut kausalitas pembangunan itu sendiri.

“Coba saja anda lihat, reklamasi pantai utara, betapa amburadulnya kebijakan domestik yang tidak mentolelir aspek AMDAL, ekonometrika sosial masyrakat tradisionil, nelayan, petani dan kontur hidrologi alami sebuah kawasan pesisir. Sedangkan jika disangkutpautkan dengan kebijakan nasional dalam hal keterpaduan dengan berbagai perangkan perundang-undangan multi sector, maka reklamasi akan menimbulkan bencana besar nantinya, belum lagi masalah berbagai penggusuran yang terkesan orang miskin tidak boleh tinggal di Jakarta, kondisi inilah yang insyaallah dapat dibenahi oleh Anies -Sandi,” tegasnya dengan penuh analisis.

Sementara itu, Aji Rimbawan yang juga mantan pengurus AMPI dan juga mantan Pengurus KNPI DKI Jakarta, juga menambahkan bahwa pemimpin pemerintahan tidak hanya ditentukan oleh sistem dan regulasi yang mengaturnya, tetapi juga ditentukan oleh kemampuan personal figur seorang pemimpin seperti Anies – Sandi yang diyakini mampu memenuhi harapan warga Jakarta.

“Gaya kepemimpinan yang santun, beretika namun tegas harus menjadi gaya kepemimpinan yang wajib dimiliki oleh gubernur DKI Jakarta, agar memberi contoh yang baik bagi generasi penerusnya,dari alasan itulah, maka  Barisan Anak Jakarta Dukung Anies – Sandi, menyatakan sikap akan bergerak melakukan upaya penuh dan berupaya sekuat-kuatnya menggalang dukungan agar Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadi Gubernur DKI Jakarta, ” tutup Aji Rimbawan mantan aktivis 98 yang saat ini masih aktif di sebuah LSM mengakhiri obrolannya kepada awak media yang hadir di acara ngobrol bareng bersama anak muda tersebut.


(IDG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.