Haornas 2016 Digelar di Sidoarjo

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo – Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diperingati setiap tanggal 9 September merupakan peristiwa bersejarah di bidang olah raga yang memberikan inspirasi/motifasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Perayaan Haornas juga merupakan momentum untuk meningkatkan upaya membudayakan olahraga diseluruh pelosok negeri, sebagai wahana untuk membangun karakter bangsa dan mengingat kembali peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah keolahragaan di Indonesia.

“Pada puncak perayaan Haornas 2016 akan diadakan Juggling bersama yang dilakukan 1000 pesepak bola usia muda dari 34 provinsi, akan dicatat oleh Rekor Muri sebagai peserta juggling terbanyak. Ada juga 3000 peserta yang mengikuti senam lansia, dan ini juga akan tercatat di Musium Rekor Muri,” ujar Raden Isnanta, Deputi Bidang Pembudayaan  Olah raga Kemenpora, Jumat (09/09/16) siang.

Tahun ini Haornas mengusung tema “Ayo Olahraga Untuk Indonesia Sehat dan Produktif”. Melalui tema ini pemerintah ingin menjadikan olah raga sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat serta menggerakan seluruh lapisan masyarakat untuk berolah raga.

Puncak perayaan ini berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo Jatim, yang berlangsung mulai pukul 19.00 Wib. Wakil Presiden Jusuf Kalla direncanakan hadir dalam acara ini. ” Semangat gerakan Ayo Olah raga dikumandangkan Kemenpora lewat aksi 300 pemanah yang akan membidik satu sasaran yang sama untuk menyalakan api obor di kaldron stadion, menyalanya api obor itu sebagai bentuk mulainya digelorakan kembali semangat Ayo Olahraga,” jelasnya.

img-20160910-wa0001

Tidak hanya itu, arak-arakan dua peraih medali emas Olimpiade 2016, Tantowi Ahmad dan Liliyana dipastikan akan meningkatkan animo masyarakat terhadap acara ini. Pertandingan final kompetisi sepak bola Liga Pelajar Piala Menpora U-12, U-14, (juara 1 DIY, juara 2 DKI Jakarta, juara 3 Jawa Barat) dan U-16 (Universitas Haluoleo juara I, Universitas Negeri Islam Riau juara II, Universitas Negeri Yogyakarta juara III) dan  juga diharapkan mampu menarik minat para pengunjung untuk datang ke stadion dan turut memeriahkan perayaan puncak Haornas 2016.

“Dengan tambahan pertunjukan seni, budaya, dan olahraga tradisional, Kemenpora berharap perayaan tahun ini akan melekat di hati para pecinta olahraga dan masyarakat,” papar Isnanta.

(Ria/Jon/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.