Klarifikasi Berita, Pizza Hut Kumpulkan Wartawan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Sejumlah wartawan media cetak, media online, dan media elektronik berkumpul di restoran Pizza Hut Gatot Subroto. Mereka datang atas undangan PT Sarimelati Kencana selaku pengelola merek Pizza Hut, PHD, dan The Kitchen by Pizza Hut di Indonesia.

Dalam penjelasannya, Pizza Hut menjalankan operasional bisnisnya selalu menempatkan keamanan, kenyamanan, dan kepercayaan bagi seluruh pelanggan setianya sebagai prioritas utama. “Kami pun dapat menjamin kualitas makanan yang disuguhkan oleh restoran kami, karena seluruh makanan telah melewati proses penjaminan kualitas yang ketat serta menggunakan bahan-bahan makanan berkualitas tinggi dan layak untuk dikonsumsi,” kata Andrias Candra, Perwakilan Manajemen Pizza Hut Indonesia (General Manager PHD Indonesia), dalam undangan elektronik-nya yang diberikan kepada wartawan.

Selain memberikan penjelasan, PT Sarimelati Kencana juga mempersilah-kan para wartawan untuk melihat gudang penyimpanan bahan baku makanan serta dapur tempat pembuatan pizza dan makanan lainnya.

“Untuk mengetahui kebersihan suatu tempat usaha makanan, yang pertama-tama harus dilihat adalah toiletnya. Jika toiletnya kotor sudah pasti tempatnya kotor, dan jika toiletnya bersih pasti tempatnya bersih,” ujar Stephen Mc Carthy, Presiden Director PT Sarimelati Kencana kepada wartawan yang berkumpul, Selasa (06/06/16) siang.

Sebelumnya diberitakan, tim investigasi gabungan BBC Indonesia dan Tempo memperoleh sejumlah dokumen, surat elektronik/email, dan foto-foto dari seorang mantan petinggi di Sriboga Food Group. Sriboga Food Group ini membawahi berbagai usaha restoran di PT Sriboga Raturaya, di dalamnya termasuk Pizza Hut Indonesia, Pizza Hut Delivery (PHD), The Kitchen by Pizza Hut selain dari Marugame Udon.

Sumber yang sudah bekerja lama di grup itu berbicara kepada tim BBC Indonesia dan Tempo dengan syarat identitasnya tidak dibuka. Dia mengatakan, praktik memperpanjang masa kedaluwarsa bahan makanan secara tidak sah ini terjadi secara sistematik, melibatkan manajemen tinggi perusahaan itu di Indonesia, dan sudah berlangsung bertahun-tahun. Ditambahkannya upayanya selama ini untuk menghentikan praktik itu sia-sia.

Saat pertama kali menyampaikan kasus ini kepada BBC Indonesia, dia berkata, “Awalnya saya tidak ingin berbicara kepada pers, karena sekali diungkapkan kepada pers, hal ini akan diketahui umum, dan akan menjadi masalah yang merusak. Yang tak bisa diperbaiki dengan cepat, bahkan bisa tak bisa lagi dikendalikan.”

Informasi serta berkas dokumen yang diperoleh BBC Indonesia dan Tempo menyebutkan perpanjangan masa kedaluwarsa bahan makanan ini pernah dilakukan Pizza Hut Indonesia dan Pizza Hut Delivery (PHD) yang dibantah oleh Stephen McCarthy, Presiden Direktur PT. Sarimelati Kencana, anak perusahaan PT Sriboga Raturaya.

Dengan adanya pemberitaan itu, kepada wartawan, Stephen mengaku belum akan menuntut media-media tersebut. “Tidak ada, belum ada rencana untuk menuntut,” papar Stephen Mc Carthey menjawab pertanyaan Jurnalline.com

(Jones/Rod/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE