KODIM 0406 MLM Paling Unggul di Sembilan Provinsi Dalam Program Cetak Sawah

Spread the love

Jurnalline, Musirawas (Sumsel) – Dandim 0406 MLM (Musirawas-Lubuklinggau-Muratara), Letkol Inf M Thohir bersama masyarakat Desa Sumber Karya, Kecamatan STL Ulu Terawas, menggelar panen raya padi pertama yang merupakan program hasil cetak sawah di Kabupaten Musirawas, Rabu (28/9).

“Program cetak sawah ini, merupakan program kerja sama antara TNI Angkatan Darat (AD) dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam membantu mewujudkan program pemerintah untuk Swasembada Pangan 2017 mendatang,” ungkapnya.

Ia mengaku, program cetak sawah mulai sejak Januari lalu, pengerjaan nya sekarang hampir 100 persen selesai, bahkan Alhamdulillah paling unggul di 9 Provinsi Se – Indonesia.

“Ini saja kita sudah panen pertama. Di Musirawas, mendapat jatah sebanyak 500 hektare. Berada di tujuh desa dan lima kecamatan, yaitu Desa Padu Raksa, Sumber Karya, Kecamatan STL Ulu Trawas, Desa Sumber Asri, Sumber Harta, G 2 Dwi jaya, Kecamatan Tugu Mulyo, lalu Desa Mana Resmi dan Bumi Agung, Kecamatan Muara Beliti, sedangkan satu lagi di Desa Mangan Jaya, Kecamatan Muara Kelingi,” bebernya.

Dok. Penkostrad

Ia  menyampaikan, luas cetak sawah masing-masing wilayah berbeda-beda, misalnya untuk Desa Mangan Jaya 100 Ha, Sumber Asri 65 Ha, Padu Raksa 60 Ha, G2 Dwi Jaya 70 Ha, Bumi Agung 25 Ha, Manah Resmi 35.

“Paling luas berada di Desa Sumber Karya 145 Ha. Hanya saja, 20 ha dari 145 masih dalam penggarapan dan diperkirakan seminggu ke depan selesai. Ini merupakan program rutin setiap tahun,” kata dia.

Ditambahkannya, untuk tahun depan program cetak sawah akan dilanjutkan, bila sebelumnya hanya Kabupaten Musirawas saja. Kedepan, seluruh wilayah hukum Kodim 0406/MLM.

“Usulan itu sudah kita terima, tapi untuk dapat atau tidaknya sekarang sedang kita usulkan ke pusat dan menunggu saja,” ungkapnya.

Sementara itu, UPT Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian Musirawas, Sutinah menyampaikan, program cetak sawah baru ini, sangat membantu masyarakat, terbukti lahan-lahan yang dulunya tidak terpakai dan gambut sekarang bisa dimanfaatkan.

“Pihak Kodim 0406 MLM sebagai pembuka lahannya, kita bertugas memberikan pendampingan kepada masyarakat, mulai dari pupuk dan bibit. Yang jelas, dengan adanya program masyarakat, petani dapat terbantu,” ungkapnya.

(Edo/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.