Melalui kegiatan TNI Manunggal Karya Jaya Kedepankan Kebersamaan TNI, POLRI, dan Masyarakat

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Guna meningkatkan soliditas pengabdian  masyarakat oleh jajaran TNI maupun jajaran komponen untuk meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat dalam ketahanan nasional khususnya di wilayah Kota Adm Jakarta selatan,maka,pada Selasa, 20/9/ 2016 pukul 08.55 Wib di Lapangan Makodim 0504/JS Jl. Cendrawasi Raya No. 1 Kel. Kebayoran Lama Selatan Kec. Kebayoran Lama Jakarta Selatan, telah berlangsung Upacara Pembukaan TNI Manunggal Karya Jaya Ke-97 Tahun 2016 Kodim 0504/Jakarta Selatan.

Adapun acara ini dihadiri oleh antara lain Tri Kurniadi (Wali Kota Jakarta Selatan), Lekol Inf Ade Rony Wijaya (Dandim 0504/JS),dan beberapa pejabat teras di lingkungan pemkot Jakarta Selatan dan jajaran TNI /Polri beserta anggotanya di wilayah Jakarta Selatan,dalam upacara ini, bertindak sebagai Komandan upacara : Kapten Inf Saefudin,dan selaku Cadangan Komandan upacara : Kapten Kav Amirhan,sedangkan selaku perwira upacara : Kapten Inf Dasuki dan Cadangan perwira upacara : Kapten Inf Fariki,adapun Kesatuan upacara  terdiri dari yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari:  Kodim 0504/ JS : 2 SSK, Polri : 1 SST, Pemda : 1 SST, Mitra Jaya : 20 orang, FKPPI : 20 orang,PPM : 10 orang dan Sat Pol PP : 20 orang.

Dalam amanatnya Walikota Administrasi Jakarta Selatan selaku  Inspektur Upacara menyebutkan bahwa untuk menindak lanjuti hasil keputusan Rapat yang telah dilaksanakan pada beberapa Hari yang lalu, MKJ kali ini mengandung maksud untuk memberdayakan masyarakat Kelurahan agar dapat berpartisipasi dalam Pembangunan Nasional, membantu akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan Wawasan Kebangsaan dan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Karena itu, pelaksanaan MKJ kali ini adalah “DENGAN SEMANGAT KEMANUNGGALAN TNI, POLRI, KEMENTRIAN/LPNK, PEMERINTAH DAERAH DAN SELURUH KOMPONEN BANGSA LAINYA, KITA LAKSANAKAN PERCEPATAN PEMBANGUNAN MELALUI PROGRAM TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI PEDESAAN”tandas Tri Kurniadi.

Ia juga menambahkan bahwa MKJ merupakan program Iintas sektotal yang direncanakan melalui System Bottom Up Planning, yang diawali dari hasil musyawarah maupun rapat di tingkat kecamatan, dilanjutkan ke tingkat kota, kemudian diprogramkan oleh pemerintah berupa TNI Manunggal Karya Jaya.

“Melalui kegiatan TNI Manunggal Karya Jaya yang mengedepankan kebersamaan antara TNI, Polri dan Instansi Pemerintah beserta segenap komponen masyarakat, dan memberdayakan segenap kemampuan yang ada, maka diharapkan keinginan warga masyarakat untuk memilki sarana dan prasarana yang diperkukan dapat segera terwujud.

Untuk itu, dari peran aktif seluruh komponen masyarakat inilah diharapkan muncul suasana kemitraan, kemampuan berswadaya (mandiri) sekaligus memberdayakan fungsi masyarakat yang menupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat serta kualitas hidup,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Walikota Jakarta ini juga mengingatkan bahwa Keberhasilan program ini tentu saja tidak hanya ditentukan oleh TNI, Polri dan Aparat Pemerintah Daerah semata, tetapi juga peran serta seluruh Komponen bangsa dan masyarakat Jakarta Selatan. Oleh karena itu, untuk mencapai hasil yang lebih terukur,dia  berharap agar kerja sama yang sudah berjalan baik selama ini dapat terus ditingkatkan dengan dilandasi oleh kebersamaan dan rasa kesetiakawanan, imbuhnya,masing-masing pihak agar berupaya memberikan karya yang terbaik dengan tetap melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan pihak-pihak terkait, “Akhirnya dengan memohon ridho Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang pada hari ini Selasa tanggal 20 September 2016, tepat Pukul 09.20WIB,kegiatan  TNI Manunggal Karya Jaya secara resmi saya nyatakan dimulai,” tegas Tri Kurniadi menutup sambutannya. Acara ini berlangsung hingga pukul 09.28 Wib, dan berakhir dengan tertib.

Sementara itu, menurut Letkol Inf Ade Rony Wijaya Dandim 0504/JS, bahwa kegiatan ini bukan sebagai ajang rutinitas melainkan sebagai ajang untuk menerapkan profesionalitas kinerja TNI dalam menumbuhkembangkan pemberdayaan ketahanan wilayah terstrutur, sistematis dan massif  “Hal itu bisa terwujud jika jajaran TNI yg terlibat di kegiatan ini tampil dengan sikap tegas, lugas, cerdas dan iklas bekerja bersama seluruh komponen dari berbagai unsur untuk menyukseskan kegiatan ini, “pungkas nya kepada awak media, usia mengikuti kegiatan tersebut, Selasa (20/9).

(IDG/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.