Pesta Olahraga Rekreasi Dunia, TAFISA Games 2016 Digelar di Ancol

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta –  Gelaran ke- 6 paduan kompetisi, festival, dan eksebisi olahraga rekreasi dunia yang akan dihelat di kawasan Ancol serta sejumlah lokasi lainnya di sekitar ibu kota, akan menjadi momentum kebangkitan olahraga rekreasi Indonesia. ” Presiden Republik Indonesia Joko Widodo direncakan akan membuka perhelatan pesta olahraga rekreasi dunia, TAFISA Games 2016 pada 8 Oktober 2016 di Ancol, Jakarta,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Selasa (13/09/16) siang.

Menpora mengatakan, Indonesia dipandang berbagai negara sebagai bangsa dengan kekayaan ragam kebudayaan dalam bentuk permainan dan olahraga tradisional yang begitu besar. “Seluruh kontingen terdiri dari 74 negara yang akan disambut dengan penuh kehangatan dan keakraban, bukan hanya oleh panitia pelaksana dan para atlet serta peserta nasional, namun juga oleh seluruh masyarakat Indonesia,” papar Imam.

Melalui TAFISA Games 2016, Indonesia akan memperkenalkan permainan dan olahraga khas Indonesia yang berasal dari suku-suku di 34 provinsi kepada seluruh peserta mancanegara.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Sylviana Murni menyampaikan, Jakarta sebagai kota penyelenggara TAFISA Games 2016 akan menyambut kehadiran seluruh delegasi lebih dari 70 negara untuk datang dan mengunjungi berbagai lokasi penyelenggaraan acara ini. “Bisa juga sebagai tujuan wisata unggulan DKI Jakarta, seperti Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah, JIExpo, Kepulauan Seribu dan berbagai lokasi lainnya,” kata Sylviana.

Dia juga mengatakan bahwa Indonesia memang pantas menjadi tuan rumah TAFISA Games 2016, setelah berjuang dan memenangkan proses tender pemilihan tuan rumah yang melibatkan puluhan negara. Indonesia memiliki keunggulan dari berbagai aspek seperti kekayaan dan kekhasan seni dan budaya, pariwisata, ketahanan nasional.

TAFISA Games 2016 memiliki begitu banyak agenda yang dapat disaksikan dan diikuti oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya, antara lain sejumlah kejuaraan dan kompetisi dalam kategori-kategori antara lain; Action Sports, Extreme Sports, Adventure Sports dan E-Sports, serta nomor khusus untuk penyandang disabilitas. Selain itu ada juga ajang eksibisi yang akan diisi oleh sejumlah negara.

TAFISA Games 2016 ini juga menghadirkan Special Event berupa percobaan Pemecahan Rekor Dunia Layang-Layang Daun Terbesar, Pelajar Bermain Egrang Terbanyak dan Menari Zumba 14000 orang. Selain itu juga dihelat kesempatan menyelam bersama ratusan penyelam nasional dan mancanegara di Kepulauan Seribu, kompetisi pencak silat dan seni bela diri lainnya dari berbagai negara seperti Capoeira, Chanbara, Muay Thai. TAFISA Games 2016 juga menggelar 3rd Goifex, sebuah ajang pameran kebugaran, olahraga dan kesehatan bertaraf internasional.

(Ria/Jon/Red)   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.