PESTA RAKYAT PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN DESA BODELOR CIREBON

Spread the love

Jurnalline.com, Cirebon – Perayaan Idul Adha menjadi momen yang banyak ditunggu masyarakat. Khususnya warga di Desa Bodelor Kec. Plumbon Kab. Cirebon sangat antusias dalam melaksanakan tradisi penyembelihan hewan kurban.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan se-tahun sekali ini, tepatnya dilaksanakan di Desa bodelor, Jl. Kisaba Lanang tepatnya di masjid Muktamarul Huda di depan Kantor Kepala Desa Bodelor menarik banyak warga untuk menyaksikan serunya proses penyembelihan.

Menurut kades Drs. Aliyudin, selain menjadi tempat pelaksanaan disini juga masyarakat dan panitia penyembelihan hewan kurban dapat berkesempatan untuk warga saling bersilaturahmi dan seperti momen pesta rakyat.

Dengan banyaknya hewan kurban yang terdiri dari hewan sapi 27 ekor dan hewan kambing 80 ekor, membutuhkan tenaga panitia sampai ± 600 orang yang di kumpulkan dari berbagai kalangan. Mulai dari tim penyembelih hewan, pembersihan daging kurban, penetelan, penimbangan dan pengepakan daging hewan kurban, yang dimulai pada pukul 08:00 s/d pukul 15:00 WIB baru selesai, tambah Drs. Aliyudin.

Suharsono, salah satu yang menjadi panitia penyembalihan hewan kurban menyatakan kegembiraannya, walaupun lelah tapi warga masih tetap semangat gotong royong dan ikhlas agar dapat berbagi kesempatan memberi daging hewan kurban kepada warga yang kurang mampu.

Daging hewan kurban 2Kg dibagikan ke setiap warga desa, dan bukan hanya desa bodelor yang kurang mampu saja yang ikut mendapatkan pembagian, bahkan desa tetangga juga ikut mendapatkan pembagian daging hewan kurban karena banyaknya daging yang masih sisah setelah dibagikan.

(Bid/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.