Rute Perjalanan Api PON

Spread the love

Jurnalline.com – Kirab Api PON akan berlangsung 5-17 September 2016 dan akan melalui 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat dengan total jarak sekira 1.005,4 kilometer.

Diawali dengan prosesi pengambilan Api PON dari sumber api abadi di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, Api PON kemudian diarak sejauh 11 kilometer menuju pendopo Kabupaten Indramayu.

Jadwal dan rute final Kirab Api PON. Hari Senin, 5 September 2016
Dari Kabupaten Indramayu, Api PON akan dibawa dan singgah di Kabupaten Cirebon (kantor bupati) lalu Kota Cirebon (balai kota). Di kota udang, Api PON akan disemayamkan selama satu hari.

Pada Selasa, 6 September, kirab akan diberangkatkan ke Kabupaten Kuningan (pendopo), Kabupaten Majalengka (pendopo) dan disemayamkan di Kabupaten Ciamis (pendopo).

Rabu, 7 September, Api PON akan dikirabkan menuju Kabupaten Banjar (pendopo) dan kembali disemayamkan di kabupaten termuda di Jawa Barat yaitu Kabupaten Pangandaran (pendopo).

Kamis, 8 September, iring-iringan obor api multievent olahraga terbesar di Indonesia itu menuju Kota Tasikmalaya (alun-alun), Kabupaten Tasikmalaya (kantor bupati) dan singgah di Kabupaten Garut (pendopo). Di kota dodol ini, Api PON diinapkan.

Jumat, 9 september 2016 Kabupaten Sumedang (kantor bupati) dan Kabupaten Subang (alun-alun) mendapat giliran dilalui parade sebelum Api PON singgah semalam di Kabupaten Purwakarta (alun-alun).

Sabtu, 10 September, kirab berlanjut menuju Kabupaten Karawang (Lapangan Karang Pawitan), lalu singgah di Kabupaten Bekasi (kantor Kecamatan Karawang Timur) dan terakhir Kota Bekasi (balai kota) dan Api PON disemayamkan hingga 12 September. “Karena bertepatan dengan hari raya Iduladha, di Kota Bekasi Api PON bersemayam lebih lama.

Pada Hari Selasa, 13 September 2016, Depok (balai kota) menjadi kota pertama yang menyambut parade sebelum Api PON menuju Kabupaten Bogor (kantor bupati) dan disemayamkan di Kota Bogor (balai kota).

Selanjutnya Rabu, 14 September, Api PON melintasi Kabupaten Sukabumi (alun-alun) dan Kota Sukabumi (Lapangan Merdeka) sebelum singgah semalam di Kabupaten Cianjur (pendopo). Tiga wilayah metro Bandung giliran disambangi kirab.

Pada Hari Kamis, 15 September2016. Api PON akan melalui Kabupaten Bandung Barat (kantor bupati), Kota Cimahi (pendopo) dan Kabupaten Bandung (Lapangan Upakarti).

Pada Hari Jumat, 16 September, Api PON akan diarak menuju Balai Kota Bandung. Hari itu juga iring-iringan langsung menuju Gedung Sate. Di pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat ini Api PON disemayamkan untuk kali terakhir.

Pada Hari Sabtu, 17 September 2016, Kirab Api PON diberangkatkan menuju tempat upacara pembukaan PON XIX/2016 Jawa Barat yaitu Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

(Dian/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.