Tradisi Idul Adha di Komplek Pemakaman Sunan Gunung Jati

Spread the love

Jurnalline.com, Cirebon – Idul Adha menjadi hari raya besar bagi umat Islam. Demikian Cirebon menjadi salah satu daerah yang memiliki sejarah Islaman yang kuat dalam penyebaran ajaran Islam di Indonesia.

Dalam perayaan Idul Adha kali ini, masyarakat Cirebon serta Kesultanan Kanoman menjalankan tradisi halal bihalal  dan juga berziarah di komplek pemakaman Astana Japura Gunung Jati.

“Keluarga Keraton di Cirebon memang selalu melaksanakan salat Ied di masjid komplek pemakaman Sunan Gunung Jati setiap tahunnya, selain menunaikan kewajiban kami juga bisa langsung berziarah ke makam kanjeng sunan gunung jati,” tutur  salah satu Patih Kesultanan Kanoman Cirebon, Pangeran Patih Moch. Qodiran, Minggu (11/9/16).

Di Masjid Tub Jumeneng keluarga keraton setelah pelaksanan salat Ied juga saling melaksanakan silaturahmi serta halal bihalal bersama masyarakat Cirebon di areal pemakaman sebelum melaksanakan ziarah ke makam almukarom Sunan Gunung Jati yang bernama Sekh Syarif Hidayatullah.

Madyarakat juga merasa sangat senang dengan adanya tradisi ini, karena selain dapat melaksanakan kewajiban salat Ied, juga dapat langsung berziarah bersama keluarga Keraton Cirebon dan mengetahui setiap jalannya prosesi tradisi Keluarga Keraton Kesultanan Cirebon.

Setelah pelaksanaan ziarah selesai barulah dilaksanakan penyembelihan hewan kurban dan melaksanakan sedekah daging hewan kurban bagi warga yang tidak mampu.

(Bid/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.