Audiensi Masyarakat Pancasila dengan Pangkostrad, Masyarakat Era Digital Masih Sangat Pancasilais

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Masyarakat Pancasila melakukan audiensi dengan Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi, Jum’at (30/9) bertempat di ruang Yudha Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat.

img-20161001-wa0002Selain dalam rangka silaturahim, momentum itu digunakan untuk mendiskusikan beberapa isu terkini termasuk apresiasi Pangkostrad terhadap semangat publik mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di keseharian mereka dalam bentuk foto.

Sebagaimana diketahui, Masyarakat Pancasila bekerjasama dengan Kostrad mengadakan lomba foto dengan tema ‘Pancasila is ME’, dimana berhasil menjaring 2500 foto dari sekitar 860 peserta, sepanjang periode lomba itu dibuka pada  17 Agustus hingga 25 September 2016.  Acara ini terkait dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Antusiasme ini menurut Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi merupakan sesuatu yang harus diapresiasi, karena menjadi cerminan betapa nilai-nilai Pancasila ternyata masih sangat menyatu dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat kita.

Foto, menurut Pangkostrad, menjadi sarana yang menarik untuk merealisasikan makna Pancasila dalam pikiran setiap individu masyarakat Indonesia. Dengan demikian, masyarakat bukan sekadar menghapal butir-butir Pancasila saja.

Sementara itu, Presidium Masyarakat Pancasila, bapak Takwa Fuadi mengaku cukup terkejut dengan respon masyarakat pada lomba ini. Ia menjelaskan, dari ribuan foto yang masuk, peserta lebih dominan memilih sila pertama, kedua, ketiga dan kelima sebagai tema foto, dibandingkan sila ke-empat.

“Kami melihat betapa masyarakat sangat mempertahankan semangat saling menghargai, saling membantu dalam kehidupan keseharian mereka. Ini juga menjadi bagian diskusi yangmenarik bersama Pangkostrad,” kata bapak Takwa pada acara audiensi.

img-20161001-wa0000Dalam audiensi tersebut, menurut bapak Takwa, baik Masyarakat Pancasila maupun Kostrad sepakat dan sangat optimis ajang kreatif seperti lomba foto akan menjadi medium yang baik dalam memupuk semangat Pancasila di sanubari masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, kelak acara serupa diharapkan bisa menjadi agenda tahunan bersama.

(Dian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.